Konsep Rumah Tropis Modern Tipe MENAWAN


15025479_10207364768626134_4783665139385994626_o

Di tahun 2016 ini, Alhamdulillah saya banyak menerima permohonan desain untuk lahan dengan lebar 6 sd 8 meter. Saya pikir memang ketersediaan lahan di kota kota besar memang semakin lama semakin sedikit dan mahal, sehingga lebar 6 meter pun banyak diminati calon pembeli dengan berbagai pertimbangan semisal faktor budget membeli kavling, rumah dekat dengan areal sekolah anak atau dekat dengan kantor. Memang lebar 6 meter sih kurang ideal, tapi ya gimana lagi kalau adanya itu ya? :D. Dalam posting kali ini saya akan berbagi konsep desain rumah di lahan bergenre 6 meter an tepatnya 6,5 meter :). Rumah yang menganut langgam fasad tropis modern ini saya beri nama Tipe MENAWAN. :) Semoga memang benar2 menawan kalau jadi. 😀

Lebar 6,5 meter tentu lebih baik dari 6 meter apalagi 7 meter :). Salah satu kelebihan yang nyata terlihat di desain rumah dengan lebar 6 meter adalah konstruksinya yang mudah di atur menjadi lebih hemat dibanding dengan lebar di atasnya. Namun bukan berarti lebar 6 meter pasti biaya membangunnya murah. Lebar 5 meter saja bisa sangat mahal jika desain arsitekturnya memang dibuat mahal. Kembali lagi semua tergantung desain dan spesifikasi teknisnya ya, sobats…Oke lanjut

tipe-menawan_publish_new-design_620

Konsep denah rumah tipe MENAWAN didesain untuk lahan berukuran 6,5×18 meter persegi, ukuran kavling yang terbilang cukupan dibanding jika saya mendesain di lahan yang saat ini kebanyakan berukuran 6 x 12,5 sd 15 m2. :). Layaknya rumah di lahan kecil, eskpetasi kelengkapan tata ruang yang ada tidaklah terlalu besar, dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu , ruang makan, dapur,  serta ruang keluarga adalah relatif sudah cukup.  Begitu pula denah yang ada pada Tipe MENAWAN ini.
tipe-menawan_denahtampak-depan

Areal service tempat cuci dan dapur diatur terpisah secara tegas dari  areal privasi (kamar tidur) dan semi publik (ruang keluarga dan tamu), dan dihubungkan dengan areal transisi yang difungsikan sebagai ruang makan. Di areal ruang makan ini fungsi sirkulasi udara dan cahaya akan dieskpos melalui bukaan taman terbuka.

Note : Ruang makan ini sejatinya merupakan ruang transisi saja, posisi ruang makan sebetulnya ada di sebelah ruang keluarga, sehingga perletakan ruang makan di areal ini bersifat optional.

2016-11-12-19-51-45-1

Penghawaan dan cahaya yang didesain di areal ruang makan ini diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan kamar tidur belakang, ruang keluarga, dapur serta ruang makan itu sendiri . Harapannya areal ini tetap terang dan udara mengalir dengan baik. :)

tipe-menawan_denah-sirkulasi-udara-cahaya

 

Secara prinsip rumah Tipe MENAWAN ini bertipikal rumah tumbuh, sehingga relatif mudah untuk dikembangkan kemudian hari.  Pemilihan atap jenis pelana pada langgam fasadnya dan dikombinasi dengan atap beton di kiri bangunan atau di atas kamar tidur menegaskan  jika rumah ini bisa dikembangkan menjadi dua lantai hanya dengan menambah ruangan di atas kamar tidur lantai 01.

tipe-menawan_model3d_new-design_tampak-rumah-perspektif

Pemilihan plafond tinggi di areal ruang tamu, ruang keluarga sejatinya merupakan desain kebutuhan akan penghawaan yang lebih dingin di areal ini. Namun dalam pengembangannya areal ini bisa subsitusikan ruang loft room atau digabung dengan kamar tidur lantai 02 jika nanti rumah bakal ditingkat menjadi dua lantai. :)

Semoga konsep rumah tipe Menawan ini memberi inspirasi bagi sahabat aguscwid.com

Tetaplah bersahaja dan kreatif ™

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :