Konsep Rumah Tropis Modern Tipe ALAMANDA. 13x14m2

alamanda-type_ps_view01_perspektif_published_620px

Kali ini saya akan berbicara tentang konsep rumah yang saya desain dan diberi nama tipe ALAMANDA. Rumah dengan tampilan tropis modern ini rencananya di bangun di lahan berukuran 13×14 m2. Ukuran lahan yg cukup nyaman untuk sebuah hunian. Dengan sedikit sentuhan bergaya villa, rumah ini didesain dengan orientasi konsep sirkulasi udara dan cahaya yang baik serta berkonsep tumbuh.

Dengan ukuran lahan yang cukup luas opsi tata ruang sebetulnya lebih fleksibel, namun kebutuhan dimensi ruang yang cukup besar dan alokasi budget juga menjadi pertimbangan dalam penyusunan tata ruangnya. Maka didapatkalah akomodasi satu kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, serta dua kamar tidur anak yg memiliki dimensi ruang cukup besar. Untuk dua kamar tidur anak diberi kelengkapan satu kamar mandi yang memiliki bukaan udara dan cahaya. Secara umum rumah ini memiliki 4 arah akses sirkulasi udara dan cahaya, sehingga udara dalam rumah cukup segar dan tak ada areal yang kurang cahaya.

Areal service termasuk didalamnya dapur sengaja diletakan di bagian kanan bangunan dan diberikan akses pintu samping agar kegiatan areal service yang padat bisa dilakukan tanpa perlu lalu lalang melalui ruang tamu dan keluarga.  Namun demikian  areal ruang keluarga, ruang makan serta dapur tergabung dalam satu area menganut konsep terbuka agar ruangan terlelihat luas. Antara ruang keluarga dan ruang tamu terdapat sekat dinding yang cocok untuk pemilik rumah yang berorientasi  privasi di areal ruang keluarga. Jika sobats kurang cocok sekat dinding ini bisa dihilangkan. :)

denah-tipe-alamanda

Rumah Tipe Alamanda ini secara alami mudah dikembangkan menjadi dua lantai, sehingga titel rumah tumbuh pun melekat padanya. Contoh mudah pengembangannya, adalah semisal penambahan ruang serbaguna berkarakter loft room (bisa menghadap di ruang keluarga) di atas dapur, bisa ditambahkan dengan tidak terlalu memakan biaya yang banyak. Tentu dengan banyak catatan teknis yang harus dipenuhi ya, sobats. Bentuk atap Pelana yang dimiliki rumah ini akan semakin mempermudah subsitusi ruanngan ini. Untuk hal ini sebaiknya plafond juga dibangun sejak awal dengan mengikuti kemiringan atap.

Untuk lebih jauh mengenai detail konsep ini, sahabats sekalian bisa menghubungi saya :) agak panjang kalau diceritakan di sini.

2016-11-14-16-00-35 Ilustrasi Pengembangan Alternatif pemberian kisi-kisi kayu pada teras Alternatif pemberian kisi-kisi kayu pada teras

Rumah tipe ALAMANDA ini cocok bagi keluarga pasangan muda dengan dua orang anak yang mengharapkan rumahnya bisa dikembangkan di masa mendatang sebagai hunian dengan anggota keluarga yang lebih banyak. Dengan alokasi sirkulasi udara dan cahaya yang cukup mumpuni, akomodasi kamar yang lengkap, saya pikir rumah ini bisa jadi pertimbangan buat rumah sobats sekalian. :)

Semoga posting ini membawa manfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi pembaca setia aguscwid.com.

Tetaplah bersahaja dan berkarya ™

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :