Rumah Tropis Modern Tipe PAPA KUNING. #BapakNaufal

Konsep Tampak Rumah Trropis Minimalis Lebar 6 Meter

Posting ini kali, saya membahas lagi konsep rumah tinggal bergenre rumah tropis modern. Rumah yang rencananya dibangun di lahan dengan lebar 6 meter ini memilih balutan fasad rumah modern yang berkembang saat ini. Konsep rumah ini memang diperuntukan bagi kaum urban/perkotaan yang cenderung simple dan dinamis, sehingga tatanan denah seluas +/- 140m2 pun dibuat lebih compact dan terbuka.

Konsep denah di lantai 01, ruang tamu disematkan dengan sedikit privasi bersebelahan dengan ruang makan dan ruang keluarga yang ditata dengan konsep terbuka untuk memberi kesan luas di lahan yang sempit. Dengan beberapa pertimbangan perletakan dapur, kita letakan dibagian depan dan masih tersambung dengan ruang makan. Posisi dapur di depan tentu memberi keuntungan view  sisi ruang keluarga yang menghadap ke taman sekaligus berfungsi sebagai sumber sirkulasi udara dan cahaya di rumah ini. Pemanfaatan areal bawah tangga untuk kamar mandi tamu pun turut melengkapi tatanan denah lantai 01 ini.:)

Konsep Denah Rumah Tropis Lebar 6 MeterDi lantai 02, praktis saya sematkan tiga kamar tidur anak dan satu kamar mandi luar. Akses udara dan cahaya kamar-kamar ini kita ambil dari sisi belakang kamar yang kebetulan ada di sisi timur bangunan. Ini memberi keuntungan sirkulasi udara dan cahaya di pagi hari yang cukup segar.  Tak lupa musholla saya sematkan di lantai 02 yang bersifat optional (jika diperlukan). Posisi musholla sekaligus bisa menjadi opsi  lain sebagai areal void yang menghubungkan antara lantai 01 dan 02.

Penambahan lantai 03 di rumah ini, sesungguhnya bersifat  pilihan saja. Dikarenakan kebutuhan ruang oleh pemilik yang memang demikian. Satu kamar tidur pembantu dan ruang setrika dihubungkan oleh sebuah tangga service lingkar. Ada ruang jemur di antaranya (lantai02). Hmm… memang tak nyaman dari sisi akses, namun ketinggian lantai 03 bisa sedikit dikurangi agar tak terlalu melelahkan untuk naik turunnya. Seringkali unsur kebutuhan mengalahkan sisi kenyamanan itu sendiri. Tapi tak apalah :). Lebar tangga melingkar ini juga harus diperhatikan kenyamanannya, terutama untuk naik sambil membawa barang semacam ember dll. :)

Semoga bahasan rumah Tipe PAPA KUNING ini bermanfaat. Salam persahabatan selalu 

Tetaplah bersahaja dan kreatif ™

 

 

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :