Konsep Rumah Urban. Tipe KETEKUNAN. #IbuIndri #8x15m2

TIPE KETEKUNAN_EXTERIOR_Rumah Ibu Indri_POSTING2Review desain dalam posting ini kali, saya masih berbagi konsep rumah urban yang berdiri di lahan yang relatif kecil.  Lebar 8 meter yang dimiliki rumah tipe KETEKUNAN ini cukup menguras pikiran dalam proses desainnya. Bukan hal mudah mencari solusi denah yang nyaman bagi rumah yang bergenre minimalis modern ini. Pemanfaatan lahan secara efektif untuk memaksimalkan fungsi tata ruang yang diharapkan pemilik menjadi sangat penting di sini.

Masalah desain yang dimiliki rumah ini lebih pada diawali posisi perletakan tangga di rumah. Posisi tangga ini bisa menentukan pola ruangan lainnya, karena tangga sendiri merupakan bagian dari pola sirkulasi orang di dalam rumah. Proses konsultasi yang intens  dengan pemiliki rumah menjadi kunci penggalian ide dan harapan yang diinginkan. Kami sepakat bahwa  tangga menjadi cikal desain rumah ini sebelum menginjak tahap berikutnya

Konsep Denah Rumah Ibu Indri_tipe ketekunan_8x15

Keuntungan dari sisi perilaku urban yang selalu simple dalam hal ruang tamu, saya manfaatkan untuk meletakan tangga yang nantinya bakal diekpos. Alhasil dari beberapa kali diskusi, keinginan pemilik  akan kebutuhan 4 kamar  tidur mampu diwujudkan rumah yang memiliki luasan 140 m2 ini. :). Namun kamar tidur di lantai 01, untuk sementara waktu dirubah fungsinya sebagai ruang kerja.

Dalam urusan fasad, rumah ini  masih bermain dengan komposisi geometris dan bentukan-bentukan rumah modern saat ini. Untuk memberi identitas desain pada rumah ini, saya coba menyematkan sebuah aksen box geometris dengan ekspos pasangan kaca dan jalusi, secara fungsional juga memberi paparan berkas cahaya ke areal ruang tamu di lantai 01 dan  ruang duduk di lantai 02.

Konsep Tangga02_Rumah Ibu Indri Draft konsep areal ruang tamu

Semoga review desain ini bermanfaat dan bawa berkah bagi kita semua.

“Tetaplah bersahaja dan kreatif” ™

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :