Kebahagiaan di Rumah Tropis Modern Tipe SYAWAL. #Bapak Agung. #12,5×15,5m2

 

Rumah Tropis ModernJejak desain dan bangun rumah adalah bagian dari suatu rentetan psikologis arsitek dan pemilik rumah. Bentuk desain dan tata ruang pun menjadi catatan nyata perjalanan desain yang dialami sebuah rumah. Secara lahir dan batin kami terlibat mengolah kebenaran-kebenaran tentang kenyamanan dan kebagusan sebuah hunian rumah tinggal yang bisa menghadirkan kebahagian. :) Agak absurd, namun demikianlah kami mencari kebahagiaan dari sudut yang berbeda. Sebagai arsitek adalah suatu kebahagian besar bisa menghaturkan desain yang bisa membuat pemilik rumah memandang masa depan rumah mereka dengan bahagia. :)

Rumah ini saya beri nama Tipe Syawal, dan sebetulnya konsepnya saya gagas di bulan lalu. Rumah yg menganut langgam tropis modern ini dibangun di lahan berukuran 12,5×15 m2. Dengan konsep tampak relatif sederhana rumah ini coba menghadirkan kesan modern  walau dengan budget yang tidak terlalu mahal. Alhamdulillah rumah ini masih dalam proses pembangunan saat ini. :)

Fasad rumah tropis modernRumah Tipe SYAWAL ini memiliki ketersediaan 4 kamar tidur yang siap memanjakan 2 orang anak dan satu kamar tidur tamu. Kamar tidur utama di lantai 02 dibenamkan kamar mandi dalam yang memiliki sirkulasi udara dan cahaya sangat bagus. Dua kamar tidur anak mendampingi kamar tidur utama tersebut. Kamar tidur tamu yang berada di lantai 01 nantinya bakal menjadi kamar tidur utama bila orang tua atau keluarga tidak menginap di rumah tersebut.

 

Tata ruang lantai 01 relatif simple dan memiliki sentuhan ruang tamu terbuka di bagian depannya. Walaupun demikian, ruang tamu atau ruang duduk disediakan di bagian dalam untuk tamu agar lebih akrab. Ruang makan dan ruang keluarga dijadikan satu areal untuk memberi kesan luas. Ruangan dapur yang memiliki elevasi lebih rendah dipisahkan oleh pintu geser. Garasi rumah cukup nyaman dan lebar, sehingga tak perlu khawatir untuk masalah parkir kendaran bermotor.

Denah Rumah Tropis Modern Konsep Denah & Tampak Tipe SYAWAL

Areal tangga sebagai akses ke lantai 02 memiliki peranan lebih dalam memberi suplai paparan sinar matahari dan udaran di areal ruang keluarga di pagi hari. Oleh karenanya saya ekspos bukaan sirkulasi udara dan cahaya di areal ini. Maklum rumah ini terletak di pojok yang memiliki wajah ke utara dan timur. Carport sisi utara di masa mendatang rencananya bakal menjadi toko, sehingga saya tak terlalu meng-ekspos jendela dan pintu areal ini.

Paparan fasad rumah ini mengkombinasikan beberapa bentuk geometris dan batu alam candi yang relatif hemat dan finishing cat bernuansa hijau, karena memang pemilik rumah menyukainya. Fasad rumah ini masih memiliki konsep tumbuh, artinya masih bisa dikembangkan lebih detail di kemudian hari. Melihat sisi psikologis pemilik rumah, kiranya saya perlu menghadirkan tampak rumah yang memiliki kesan simple, asri, ramah serta tropis namun dengan budget yang efisien walau itu tak mudah bagi saya :)

Semoga rumah ini jadi inspirasi bagi sahabats sekalian. Semoga pula membawa kebahagian dan berkah bagi saya pribadi dan pemilik rumah nantinya, menambah nilai ibadah serta silaturahiim. Aamiin

Tetaplah bersahaja dan kreatif ™

 

 

 

 

 

Related Posts :