Review Desain Rumah Tinggal Tipe KESATRIA. #12,5X13,5m2

Rumah Minimalis Modern 2014

Lama tak posting, ini kali saya akan berbagi mengenai konsep tampak rumah tinggal di lahan berukuran 12,5×13,5m2. Kebetulan desain rumah ini juga akan di-launch dalam waktu dekat ini. Tak mudah menentukan konsep desain rumah bila sudah dikaitkan dengan market penjualan yang ingin dicapai. Rumah terlalu mahal juga tak mudah laku, namun terlalu murah pun akan menghasilkan desain yang tidak memuaskan dan ujung2nya customer pun jadi tak minat. Lalu bagaimana seharusnya? Saya tak akan membahas ini karena terlalu panjang. :) Saya hanya bicara teknis desain aja yah.

Rumah yang saya beri  nama Tipe KESATRIA ini menganut langgam rumah tropis modern, dengan beberapa sentuhan yang bolehlah dianggap ciri khas rumah minimalis modern. Secara teknis menurut saya, istilah rumah tropis terletak pada pemanfaatan tirisan atap yang lebih panjang dan jendela-jendela yang relatif besar untuk memanfaatkan sisi keuntungan iklim tropis di Indonesia. Untuk menguatkan sisi tropis dari sisi finishing, warna krem, coklat disertai paparan batu alam ciri khas tropis, saya coba sematkan di wajah rumah ini. Kesan  modern itu memang relatif, saya harap model rumah ini cenderung up to date  nantinya dalam jangka yang cukup lama.

Sketsa Rumah Modern 2014

Lahan yang hanya berukuran 12,5×13,5 meter, saya pikir tipe 77 m2 adalah luasan yang cukup ideal untuk sebuah konsep rumah dengan  sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Tentunya luasan ini juga mempertimbangkan sisi marketingnya, misalnya agar lebih mudah dijangkau dari sisi daya belinya. Alhasil didapatkan dua kamar tidur  yang cukup besar, satu diantaranya memiliki kamar tidur dalam agar rumah ini memiliki sisi plus  yang tidak dimiliki tipe +/- 70m2 secara umum. Trend plafond yang tinggi pada rumah modern juga dimiliki rumah Tipe KESATRIA ini.  

Rumah Tropis/Minimalis Modern 2014

Selain plafond tinggi, rumah ini nyata menganut konsep terbuka untuk memberi kesan luas dan posisi ruang tamu terhadap ruang keluarga & makan yang tidak diletakkan segaris seperti biasa yang saya buat, ini  membuat tapak denah sedikit terlihat dinamis. Harus saya akui rumah ini agak sulit bila dikatakan sebagai rumah tumbuh jikalau melihat sisi konstruksi atap dan fasadnya, jika direnovasi jadi dua lantai dalam waktu dekat ya tak terlalu menguntungkan dari sisi budget.

Demikian kurang lebihnya review & “uneg uneg” saya mengenai rumah Tipe KESATRIA ini, semoga konsep rumah ini menjadi inspirasi dan bawa manfaat buat semuanya dan tentunya barokah ^_^.

“Tetaplah bersahaja & kreatif” ™

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :