Renovasi Rumah Tinggal Dual Carport. Tipe KRESNA. #Bapak BudiW #9x20m2

Renovasi Rumah Tipe KRESNA_Bapak Budi_HEADER

Renovasi rumah tipe KRESNA ini bermula dari rencana pemilik rumah untuk merubah tampak depan rumah yang akan disandingkan dengan kebutuhan dua carport. Perubahan tampak depan memang sering menjadi opsi pemilik untuk menghadirkan suasana baru dan fresh rumah tinggalnya dan mengurangi kebosanan fasad lamanya. Minimal up to date lah :). Dengan kehadiran dua carport di bagian depan rumah tentu tak bisa dibangun begitu saja, tanpa memperhatikan keselarasan dengan tampak bangunan utamanya. Namun ini bukanlah pekerjaan desain yang mudah,  saya harap konsep ini mendekati berhasil, walau dalam pelaksanaannya pasti ide ini akan berkembang. :)

Remodelling fasad rumah ini menyajikan permainan tema warna material alam semisal kayu, bata merah ekspos, dan batu alam andhesit. Semuanya saya usahakan ditata dalam komposisi yang nyaman dipandang dan tidak terlalu ramai ( ini bersifat relatif dan feeling aja). Warna material yang dipilih ini menghadirkan nuansa warna coklat, abu abu, merah bata dan warna putih.

Desain Renovasi Rumah Tinggal Modern 2014

Komposisi nuansa empat warna tadi, saya padukan dengan keberadaan kanopi carport yang mau tak mau harus dihadirkan mengingat memang demikian kebutuhan dari pemilik rumah. Warna putih saya pilih sebagai finishing konstruksi kanopi carport . Tentunya saya berkeinginan kanopi ini terlihat terlalu mendominasi tampak bangunan utamanya.

Konsep tampak rumah yang simetris memang terlihat akibat pemberian kanopi yang identik pula. Walau tema garis hampir memenuhi wajah rumah, tapi saya berusaha keras agar iramanya masih nyaman untuk dilihat dan insyaAllah memberi efek asri ketika berkas matahari menerpa rumah yang menghadap ke arah selatan ini. Semoga :)Denah renovasi atropis 2014

Selain merenovasi tampak rumah, konsep tata ruangnya pun mengalami perubahan yang disesuaikan kebutuhan pemilik saat ini. Semacam keberadaan butik dan musholla. Penghematan budget renovasi, menjadi harapan pemilik sehingga beberapa dinding rumah lama, kita pertahankan. Namun karena dinding rumah kita akan tinggikan maka perkuatan kolom & pondasi diperlukan dilakukan.

Dengan layout denah yang menganut konsep terbuka, ruang tamu, ruang keluarga bahkan musholla bakal terlihat dalam satu areal yang cukup luas dan nyaman untuk dilihat. Untuk mendukung konsep ini, plafond yang tinggi bisa memberi efek lega di rumah yang memiliki luasan 120 m2 ini.

Saya harap rumah ini akan sangat nyaman ditempati karena udara demikian bebas mengalir di rumah yang dibekali 3 kamar tidur ini. Selain itu, rumah ini juga memiliki beberapa bukaan udara dan cahaya di  bagian atap yang mengarah pada taman-taman terbukanya yaitu di ruang wudhu dan daerah kamar tidur. Oleh karenanya opened roof space/atap terbuka harus direncanakan dengan teliti.

Semoga konsep renovasi rumah Tipe Kresna ini bisa jadi inspirasi desain bagi pembaca setia www.aguscwid.com dan Semoga Bapak Budi lancar membangunnya nanti.

Salam persahabatan selalu

“Tetaplah bersahaja & kreatif” ™

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :