Rumah Minimalis Modern Semi Unfinished Tipe SITUBONDO.#Tipe45

Desain Rumah Minimalis 2014

Posting ini mengulas konsep desain rumah Tipe SITUBONDO  yang saya anggap varian bentukan rumah minimalis modern. Tipe ini bisa menjadi pilihan desain rumah kita di tahun 2014. Gaya atap menyamping tetap saya coba sandingkan dengan beberapa kombinasi massa solid, tatanan batu alam serta beberapa sentuhan semi unfinished material pun coba ditampilkan diantaranya munculnya pasangan bata ekspose dan kesan finishing warna beton pada dinding fasadnya.

Dengan lebar sebesar 8 meter, rumah ini juga terlihat dominan dalam meng-ekspose  material kacanya, sehingga rumah berkesan terang dan terbuka. Konsep plafond tinggi dan miring semakin mempertegas nuansa ruangan dalam yang  luas bila di lihat dari dalam. Memang untuk beberapa kondisi pemberian kaca yang berlebih juga tidak nyaman, bila kita aplikasikan di daerah tropis. Karena nyatanya akan menaikan suhu ruangan semisal rumah yang menghadap ke barat atau timur. Yah saya katakan itu bisa sebagai resiko atau mungkin hal yang menguntungkan dengan tampilan terbuka yang diemban rumah ini Jadi secara pribadi saya lebih suka rumah ini menghadap ke utara atau selatan.

Rumah Minimalis Modern 2014

Bicara tentang material kanopi, saya coba menghadirkan nuansa tropis kayu. Untuk alasan penyelamatan hutan, kita bisa memanfaatkan woodplank yang bisa dijadikan penutup balok balok kanopi yang terlihat di tampak rumah ini. Sedangkan untuk penutupnya kita bisa menggunakan material polycarbonat  atau kaca tempered.  Selain itu pasangan kaca pojok yang luas  juga disematkan di tampak rumah yang memiliki luasan bangunan 45m2 ini. Semuanya terasa tembus pandang :)

Rumah Minimalis Modern 2014

Mengenai denah, sekali lagi saya tidak khusus membahasnya karena denah ini mengacu pada denah standar Tipe PANARUKAN pada posting sebelumnya. Hanya ini kali, saya berharap diaplikasi kavling yang lebih luas untuk membaguskan sirkulasi udara dan cahaya di areal belakang.

Sebagai catatan, apabila sahabat sekalian kurang menyukai balutan konsep unfinished , kita bisa rubah dengan finishing cat biasa. :)

Semoga yang konsep yang sederhana ini bisa menambah inpirasi sahabat setia www.aguscwid.com. Salam persahabatan selalu

“Tetaplah bersahaja dan kreatif”

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :