Konsep Plafond Tinggi Rumah Tipe BAHAGIA. #6X13,5m2

Posting rumah tipe BAHAGIA ini bakal merangkum secara singkat mengenai penerapan konsep plafond/langit-langit tinggi pada sebuah rumah tinggal di lahan kecil.  Bukan tanpa alasan mengapa beberapa pemilik menghendaki plafond yang tinggi pada rumahnya, selain menyediakan limpahan udara dan cahaya, plafond tinggi bisa menghadirkan kesan luas bagian dalam rumah yang memang termasuk rumah kecil ini.

Komposisi tata ruang rumah ini menyajikan dua kamar yang tidak diletakan secara berdampingan, namun dipisahkan oleh km/wc dan taman dalam yang secara hirarki memiliki akses udara dan cahaya dari atas . Di atas taman dalam rumah memang tak diberi atap, namun diberi konstruksi atap khusus yang memungkinkan udara dan cahaya tetap lewat (kecuali air hujan) semacam atap pergola. Kedua kamar ini sendiri menghadap ke ruangan terbuka yang  memuat fungsi ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan serta dapur tanpa sekat tembok. Konsep terbuka pada denah ini sengaja dipilih untuk menguatkan karakter plafond tinggi sehingga dalam ruang semakin terlihat berkesan luas. :) Semoga

Dengan tinggi rencana plafond 4 m sd 4,5 meter, saya coba mengeksplor ruang dalam yang tinggi tersebut dengan memberi bukaan-bukaan bouvenlist kaca es atau bening hampir di sekeliling tembok  (depan, samping, dan belakang). Bentukan taman dalam turut dilibatkan untuk menguatkan nuansa terbuka yang dianut rumah yang berukuran 6×13,5m2 ini. Pemberian bouvenlist ini tentu membuat ruang dalam bakal menjadi terang, bahkan terasa silau dalam pandangan jika di siang hari. Dan saya yakin tak semua pemilik menyukai kondisi ini. Untuk hal ini, saya anggap “resiko konsep desain”  yang memang dibenamkan di rumah ini. Kita bisa kurangi efek silau tersebut dengan mengganti jenis kacanya dengan yg lebih buram atau bahkan diberi rayban. :)

Pemilihan konsep plafond tinggi bukanlah pilihan yang mudah dalam membangun rumah impian, karena rumah tipe BAHAGIA ini sendiri tergolong relatif besar dalam budget membangunnya. Konstruksi dinding yang tinggi dan beberapa perletakan atap beton dalam komposisi massa bangunannya membuat bangunan ini tidak sederhana lagi walau di lahan kecil. Namun hasil yang ditawarkan, insyaAllah sepadan dengan kenyamanannya.

Jadi, bila anda tertarik dengan konsep plafond rumah tinggi di lahan kecil yang anda miliki, saya pikir rumah Tipe BAHAGIA ini bisa memberikan inpirasi “bahagia” bagi rumah anda :D . Salam persahabatan selalu.

“Tetaplah sederhana & kreatif”

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :