Rumah Modern di Lahan Kecil. Tipe TIRTONADI.#6X15m2

Rumah tinggal Tipe TIRTONADI ini merupakan posting saya di bulan Agustus 2013 untuk varian desain rumah di lahan kecil. Rumah yang coba yang didesain di lahan berukuran 6x15m2 ini, sengaja menampilkan rumah dengan kesan modern walau hanya  dilahan yang kecil. Bahwa memang pilihan utak atik fasad rumah di lahan kecil cenderung lebih asyik dibanding  me-reka reka konsep denah yang tidak terlalu banyak pilihannya. Demikian pula dengan rumah ini yang hanya memiliki model denah standar sebesar luas 50m2.

Ide penggunaan plafond tinggi yang coba dibenamkan di rumah ini jelas terlihat di tampilan fasad rumah ini. Hal ini memang  saya perlukan untuk memberi kesan tampilan massa rumah terlihat lebih besar dan tinggi.

Perlu diketahui, ketika kita ingin rumah terlihat besar dan tinggi, tak serta merta kita cukup naikan tinggi temboknya saja. Namun bagaimana ketika tembok rumah kita tinggikan, areal ketinggian itu tersebut termanfaatkan dengan plafond yang tinggi (sirkulasi udara dan cahaya) dan bisa memberi keuntungan bagi tampak rumah kita dengan tetap menghadirkan bidang fasad/tampak rumah dalam komposisi yang tetap enak dilihat dan tidak kosong mlompong.

Tampak rumah harus tetap dalam perbandingan tinggi dan lebar yang pas, komposisi bentukan massa yang pas, dan komposisi material yang pas pula. Semua harus diramu dalam komposisi global yang pas tanpa mengabaikan estetika fungsionalnya dan tak berlebihan kalau bisa. Tapi ini sulit dan relatif serta perlu pembelajaran berulang-ulang. Termasuk saya sendiri :)

Berikut konsep denahnya :

Setidaknya itu sedikit filosofi konsep fasad/tampak rumah yang bisa saya share dan semoga bermanfaat. :)

“Tetap sederhana dan kreatif”

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :