Review Desain Rumah Tropis Modern Tipe RAMADHAN. Bapak Rahmat Saleh. Bireuen-Aceh

Rumah Tipe RAMADHAN menjadi review awal saya di jelang bulan Ramadhan 1434H/2013, rumah yang mengemban konsep fasad rumah tropis modern ini merupakan milik Bapak Rahmat Saleh yang sejatinya masih proses pematangan desain tampak saja. Tak mudah bagi saya menelorkan banyak konsep desain dalam beberapa bulan ini, mengingat kegiatan offline saya yang sepadat online yang saya miliki :D. Alhamdulillah. Namun demikian untuk alasan kepraktisan, pakem tropis yang mulai familiar dalam desain www.aguscwid.com coba saya tawarkan kembali ke Bapak Rahmat untuk kemasan tampak pada denah dengan luasan 200m2 tersebut.

Rumah dengan akomodasi 3 kamar yang lumayan jumbo ini ditata dengan zoning yang tegas. Areal service diletakan di sisi timur bangunan, sedangkan areal privasi di sisi barat. Keduanya dihubungkan areal semi non publik ruang keluarga dan makan. Zona hijau dan terbuka alias taman diletakan di bagian utara barat dan selatan untuk kepentingan sirkulasi udara dan cahaya.

Ruang tamu diletakan tidak diletakan dalam satu koridor lurus dengan ruang keluarga dan ruang makan seperti yang umumnya dianut dalam konsep terbuka. Ruang tamu diletakan sedikit menyamping disisi barat laut layout rumah. Sehingga pandangan tamu tidak langsung mengarah ke areal ruang keluarga dan makan. Ini mengisyaratkan sedikit privasi yang diinginkan oleh pemilik rumah.

Konsep fasad sengaja saya arahkan pada dinamika permainan finishing warna kayu dengan menggunakan bahan semacam woodplank. Syukur-syukur berbahan kayu asli :D. Tentu harapan saya, rumah terkesan lebih tropis dan  homey. Nuansa ini bisa lebih dikuatkan dengan penggunaan batu palimanan atau paras jogja untuk memberi kesan lembut pada tampilan rumah.

Aling-aling untuk membuat komposisi massa tampak rumah lebih baik, sudut atap rumah saya buat sedikit lebih curam, sekaligus untuk memaksimalkan volume ruang sirkulasi udara yang lebih besar dalam tubuh atap. Tentu ini bermanfaat agar rumah menjadi lebih adem nantinya.

Semoga ide konsep desain ini bermanfaat buat sahabat sekalian.

“Tetaplah sederhana dan kreatif”

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


elda says:

arsiteknya ihwan purnama atau ihwan johari?