Desain Rumah Tipe Bunga Anggrek. #7×16,5m2

Alhamdulillah, saya masih bisa menyempatkan diri untuk berbagi konsep desain rumah tinggal bergenre minimalis modern. Kali ini kavling lebar 7 meter menjadi target inspirasi saya untuk membuat konsep tampak, sekaligus tatanan denah yang simple.  Eksplorasi ide-ide wajah rumah yang indah memang menjadi daya tarik tersendiri baik dari arsitek sendiri maupun pemilik rumah. Konsep  tampak rumah Tipe Anggrek ini, saya harapkan bisa menjadi tambahan referensi fasad rumah modern minimalis tahun 2012.

Terkadang ide desain rumah bisa dimulai dari konsep global tampak rumahnya lalu denahnya, atau sebaliknya. Bisa juga dimulai dari konsep finishing dan detail bangunan yang akan direncanakan. Yang jelas banyak cara untuk mendapatkan ide tersebut. Apa yang saya pikirkan di rumah Tipe Anggrek ini adalah hanyalah pencipataan suasana sederhana saja di ruang tamu. Terang, terbuka dan bisa melihat lebih luas ke taman depan rumah.

Ide inilah yang mengawali pencarian saya untuk model fasad yang mendukung maksud di atas. Oleh karenanya, diantaranya perletakan kisi kisi kayu (atau besi profile hollow) pada tampak rumah tipe ANGGREK ini sejatinya menjadi tirai halus privasi paparan jendela kaca besar yang ada di baliknya (ruang tamu). Supaya tak terlalu mengganggu pandangan ke arah luar jendela, jarak antar kisi-kisi perlu di atur yang baik.

Lalu untuk komposisi fasadnya,merupakan combine antara pasangan bata ekspos, batu alam, jendela kaca dan kisi-kisi itu sendiri. Agar lebih seimbang, jendela kaca yang besar juga disematkan pula di tampak rumah sisi kiri (dari depan) yang  tak lain adalah ruang keluarga di baliknya. Kesan monoton pasangan bata ekspos, diatur dengan jeda berupa atap kanopi teras ditengah tampak rumah yang nantinya kita finishing cat warna putih.

Pasangan kaca transparan juga  dibenamkan di atas kisi kisi yang berfungsi sebagai bukaan bouvenlist kaca, untuk mempertegas kesan terang, terbuka yang diinginkan. Namun demikian, kelemahan yang bisa dicermati adalah kemungkinan terjadinya peningkatan suhu ruang untuk rumah menghadap ke  arah barat yang terjadi pada sore hari. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memberi tirai landscape yang rimbun di taman depan rumah.

Bicara tentang denah rumah ini, dua kamar menjadi opsi standar yang bisa ditawarkan untuk rumah di lahan berukuran 7×16,5m2 ini. Kedua kamar ini pun memiliki bukaan jendela ke arah taman yang bisa membantu sirkulasi udara dan cahaya kamar tidur. Ruang keluarga terletak di bagian depan dan di atur memiliki view ke arah depan rumah serta bisa diakses melalui pintu tersendiri tanpa melalui ruang tamu.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi desain buat sahabat sekalian.

Salam persahabatan selalu. :)

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :