Rumah Tropis Minimalis di Lahan 15x20m2. #Bapak Achmad Tanthowi

Posting  ini kali, saya ingin menyampaikan review singkat desain rumah yang rencananya di bangun di  lahan 15x20m2. Dimensi tanah yang cukup leluasa untuk menata sebuah tatanan rumah yang nyaman.:) Rumah Bapak Achmad Tanthowi ini sengaja didesain dengan langgam rumah tropis dan sentuhan minimalis modern. Langgam yang ternyata masih disukai sampai pertengahan tahun 2012 ini. :)

 

Ruang tamu diapit oleh dua foyer semacam ruang transisi. Pertama dari luar menuju ruang tamu, dan yang kedua dari ruang tamu menuju ruang keluarga (inner foyer). Areal foyer depan bisa dimanfaatkan untuk meletakan semacam furniture rak sepatu, meja konsol, bangku dan lainnya. Sedangkan inner foyer lebih berkesan sebagai tirai privasi penghuni di areal ruang keluarga selain bisa memberi kesan cozy jika diberi penutup lantai berbahan kayu.

Selain mampu mengakomodasi 3 kamar tidur dengan komposisi mengelilingi dan menghadap ke areal ruang keluarga dan ruang makan, rumah ini memiliki 3 akses pintu masuk ke rumah. Kamar tidur utama sengaja diletakan di areal belakang bersama kamar mandi dalam dengan pertimbangan sisi privasi yang lebih dibanding 2 kamar tidur anak yang diletakan di bagian depan.

Musholla disematkan di belakang ruang tamu untuk memenuhi kebutuhan ibadah pemilik rumah. Perletakan ini juga mempertimbangkan kemudahan akses pemilik dari kamar-kamar serta kemungkinan tamu untuk juga memanfaatkan musholla ini. Sedikit space di areal ini bisa dibuatkan tempat wudhu kecil.

Areal service berupa kamar pembantu dan km/wc diletakan secara tersendiri di belakang, yang bisa diakses melalui pintu dapur bagian belakang. Sedangkan dapur sendiri ditata berdampingan dengan ruang makan dan ruang keluarga dengan konsep terbuka, yang tentunya menghasilkan kesan luas di areal yang  memang memiliki nilai kebersamaan ini.

Secara umum rumah ini masih sangat mungkin dikembangkan menjadi dua lantai, dengan kemungkinan perletakan tangga di sisi kamar mandi luar berdampingan dengan ruang makan atau mungkin ditempakan di sisi musholla. So, tatanan rumah tumbuh sebetulnya sudah  melekat di rumah yang menghadap ke barat ini.

Semoga bermanfaat :)

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

You may also like...