Rumah Tinggal Bapak Iswady.#11x21m2

Rumah milik Bapak Iswady merupakan posting yang ingin saya share di awal April 2012 ini. Alhamdulillah beliau tak keberatan bila konsep rumahnya di-share kepada  pembaca setia www.aguscwid.com. Rumah yang semula direncanakan di lahan 11×21 m2 ini, dalam perkembangannya diterapkan pada lahan dengan lebar ± 12 meter. Selanjutnya, Pak Iswady sengaja memilih tampilan tropis modern untuk konsep tampak rumahnya dengan sedikit sentuhan khas trend minimalis saat ini.

Permintaan jumlah kamar memang selalu menjadi datum awal utama dimulainya konsep layout, begitu pula ketika saya memulai tatanan denah rumah Bapak Iswady. Dengan jumlah 3 kamar yang diinginkan pemilik saya coba mengelompokan areal kamar hanya di sisi kanan bangunan saja (dilihat dari depan). Lalu, areal service saya letakan secara tegas di sisi kiri bangunan yang searah dengan posisi carport mobil. Adapun letak letak carport dikiri atau dikanan juga sebaiknya dibicarakan juga dengan pemilik terkait dengan habit pemilik atau pertimbangan kondisi lainnya.

Konsep Denah

Dapur, kolam ikan, km/wc dan musholla dikelompokan dalam satu baris areal service yang komposisinya sebetulnya bisa kita rubah sesuai kesukaan kita, misal km/wc di depan, dapur yang didepan, musholla berbatasan dengan kolam atau bahkan musholla di atas kolam. Suka-suka pemilik aja :). Yang penting jangan lupa posisi kiblat tetap dalam koridor pertimbangannya :).

Perspektif

Tak kalah menariknya dari konsep rumah ini , adalah penutup atap areal service yang disederhanakan konstruksinya menggunakan atap gelombang. Sehingga kita bisa sedikit berhemat dibudget pembangunannya. Pembangunannya pun bisa dilakukan secara bertahap. Bangunan rumah inipun bisa dikatakan terbagi menjadi 2 massa yaitu bangunan induk dan sekunder (areal service). Adapun bangunan utamanya memiliki luasan ±105 m2 dan 45m2 untuk areal service.

Semoga posting ini bermanfaat dan membawa inspirasi dahsyat buat sahabat sekalian. Salam persahabatan selalu :)

Klik disini. Untuk mengunduh konsep rumah ini

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


tony umbu sunga says:

met sore pak agus, saya memiliki lahan 20 x 42 m, posisi tanah miring di bawah permukaan jalan mencapai sekitar 2 meter, dari depan 1 meter lalu terus sampe belakang 2 meter.
solusi apa untuk model rumah saya ini, pakah model semi basement terbuka atau bagaimana?
saya menginginkan rumah dengan ukuran 10 x 12, mohon dibantu.
terima kasih sebelumnya, GBU

hafizol gafur says:

Mas agus, saya ingin bangun rumah 2 lantai dengan luas tanah 7×15, pemandangan depan lepas (perbukitan) tolong designkan y mas, spek:

Lantai 1
– Car Port
– 1 Kamar Utama (kamar mandi dalam)
– 1 Kamar tamu
– ruang tamu
– ruang makan
– ruang keluarga
– kamar mandi luar
– dapur
– jemuran

Lantai 2
– 2 Kamar tidur
– ruang kerja
– kamar mandi
– ruang keluarga

tolong ya mas, kirim ke hafizol.gafur@gmail.com.. thank you b4 !
salam sukses!! ^_^

sakri says:

halo mas agus salam kenal, saya sangan berterima kasih dengan adanya blog anda yang banyak membantu tentag sketsa rumah tinggal. Tolong dibuatin sketsa bangunan rumah dengan luas tanah 15×20 m, dengan kebutuhan ruang : ruang tamu, ruang keluarga yang lapang, 5 kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang shalat, teras samping atau belakang plus taman. tampak depan minimalis tropis, saya senang sketsa rumah mas rio tipe 130 m2 maksih.

pratiwi says:

mas, utk rumah di bali bnyk aturannya terutama mslh mata angin, kira2 ada ide utk ukuran 9×15, trims

TEGUH says:

Mas, biaya membangun rumah 1 lt (upah dan material) dgn spesifikasi standar per meter persegi sekitar berapa ya mas. Lokasi di Jakarta dan sekitarnya. Trimakasih

aguscwid says:

Berkisar antara 2,5 sd 2,8jt ,Pak :)

hakim says:

Mas agus, pengen bangun rumah ditanah ukuran 11 x 17.
Gimana caranya mas?
dtk

aguscwid says:

Apa yang bisa saya bantu?

hakim says:

tks… buat lay out n desain nya ?

lina says:

berapa kira2 biaya tuk membangun rumah tersebut?

aguscwid says:

InsyaAllah sekitar 300 sd 400jt untuk spesifikasi standar. Namun 200jt an bisa saja kita tetapkan dengan beberapa penyesuaian spesifakasi bahan. Thanks sudah berkunjung :)