Desain Rumah Tinggal Tipe KARIMUN. #7x15m2

Desain rumah tipe KARIMUN di akhir bulan April 2012 ini, melengkapi koleksi desain gratis rumah yang saya ingin saya sampaikan untuk lahan 7 meter.  Ide eksploitasi cahaya yang masuk di areal ruang tamu menjadi pijakan awal desain saya ketika memulai konsep denah rumah yang memiliki luasan bangunan ±75 m2 ini.  Tentunya ide ini berujung pada kesan pertama yang ingin dicapai ketika kita memasuki bagian dalam rumah ini, dimana ruang tamu menjadi step awal penyampaian kesan.Konsep 3D Desain rumah tipe KARIMUNKonsep terbuka pada tatanan denah tipe KARIMUN ini tidak begitu kentara , seperti pada pola2 desain saya sebelumnya yaitu dengan menggabungkan ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan dalam satu areal. So, konsep privasi masih bisa kita dapatkan di rumah yang memiliki panjang lahan 15 meter ini. :)

Terdapat satu  kamar di bagian tengah dari 3 kamar yang tersedia yang memang terlihat dari ruang tamu, yaitu dengan perletakan pintu dan jendela ke arah depan. Ini pun untuk perletakan pintu melalui pertimbangan penyediaan areal furniture yang lebih luas di ruang keluarganya. Sedangkan perletakan jendela murni karena pertimbangan sirkulasi udara dan cahaya. Sehingga membuat privasi kamar ini sedikit berkurang.

Kondisi kamar belakang yang berbatasan dengan dapur memang kurang nyaman dalam sirkulasi udara dan cahayanya. Dengan sekat taman terbuka yang mengisi di antaranya, diharapkan efek udara segar dan cahaya masih didapatkan penghuni kamar ini.  Diperlukan perhatian khusus pada pekerjaan konstruksi ini nantinya, misalnya kondisi taman terbuka tersebut ketika hujan turun. :)

Konsep Denah Rumah Tipe KARIMUN

Dengan 3 kamar yang dimiliki rumah ini, sebetulnya dua km/wc adalah pakem yang ideal buat rumah ini. Sayangnya hal ini belum bisa saya sematkan di rumah yang memiliki konsep rumah tumbuh ini. Areal jemur dan laundry direncanakan di atas dapur, sehingga konstruksi beton diperlukan di areal ini. Anda juga bisa meletakan km/wc dan kamar tidur pembantu di areal jemur ini.

Pemilihan model konstruksi atap yang baik sangat diperlukan pada taman2 terbuka di rumah ini. Selain harus menyediakan limpahan udara dan cahaya, pertimbangan kenyamanan dan perawatan haruslah menjadi point penting yang harus dipikirkan. Jangan sampai terjadi ketika hujan turun, limpasan air hujan justru membuat areal dalam rumah menjadi kotor atau atap taman terbuka menjadi bocor.  :)

Semoga posting ini bermanfaat dan menambah inspirasi desain buat kita semua. Salam persahabatan selalu.

 

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


tri says:

ijin copas ya,mas..

aguscwid says:

Silah, mas…:) Thanks sudah berkunjung

hafizol gafur says:

bagus mas.

bisa bantu designkan tipe yg sama untuk 2 lantai? tapi dilantai I nya 2 kamar pake kamar mandi dalam dan 1 kamar mandi luar

andri says:

Kami punya tanah ukuran L.40 P.21, ingin yang sederhana saja :
1.kmr 3 buah
1.Ruang tamu
3.ruang keluarga
4.ruang makan
5.ruang sholat
6.dapur kering
7.dapur basah diluar bag.belakang
8.car port disamping rumah

Kami rencana bangun rumah dengan luas tanah 15X 18 dengan bangunan 5 x 15 m konsep rumah model ruko.Tanah yang di sisakan bagian depan 5 meter dan belakang 8,5 m.
Mohon dibantu desain dengan struktur ruang sbb:
Lantai!
1.Teras
2. Ruang Tamu
3. Kamar + kamar mandi dalam.
4. Kamar Mandi Luar.
5. Ruang Keluarga
6.Ruang Makan
7. Tempat nyuci, jemur dan setrika.
Mohon dikirimkan ke email dpdkaro_gempita@ymail.com.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

wa……..mantap……..