Sketsa Desain Rumah Ibu Ayu. #5x30m2. Tipe HUJAN

Sketsa desain rumah ini kali, membahas lahan dengan lebar 5 meter. Rumah yang merupakan order Ibu Ayu ini diharapkan bisa mengakomodasi 5 anggota keluarga terdiri dari orang tua, dua anak laki dan satu anak perempuan. Alhamdulillah panjang lahan yang disediakan adalah 30 meter, setidaknya saya sedikit agak leluasa mengatur layout denah di lahan dengan lebar kecil ini. :)

Sketsa Tampak Rumah Ibu Ayu

Selain tema desain yang simple serta compact, pemilik mengharapkan untuk tidak menghabiskan seluruh lahan untuk rumah yang memiliki luasan bangunan kurang dari 150 m2 ini, karena sisanya akan digunakan untuk usaha yaitu di bagian depan.

Konsep desain dimulai dari pengelompokan ruang tamu, ruang makan, pantry ke dalam satu areal yang berdampingan dengan ruang tamu dan dipisahkan taman terbuka. Untuk memberi nuansa berbeda antara ruang tamu dan bagian dalam, elevasi lantai saya bedakan, sehingga ruang keluarga lebih tinggi sekitar 15 cm.

Pinginnya saya sih ada lantai parquet/kayu yang menjembatani antara ruang keluarga dan ruang tamu, yang juga bisa berfungsi sebagai inner foyer, tempat bertemunya akses tangga, akses pintu samping serta akses dari ruang tamu. Mungkin juga, ide kesan homey bisa didapatkan ketika masuk rumah ini :).

Konsep Desain Rumah Ibu Ayu

Sangat penting bagi kita untuk menghindari timbulnya kesan lorong di areal yang memang relatif sempit ini, so banyaknya bukaan lantai pelat di atas lantai satu sangat diperlukan selain membantu sirkulasi udara dan cahaya rumah. :).

Perletakan kamar tidur utama yang diletakan di lantai satu ini, memang sejatinya membawa pengaruh besar dalam tatanan layout secara global. Dengan lebar hanya lima meter tentu saya berpikir bagaimana sebaiknya kamar tidur ini saya letakan, di bagian depankah, atau tengah bangunan? So saya putuskan meletakan di bagian belakang :). Selanjutnya, 2 kamar tidur anak saya sematkan di lantai dua dan saling berhadapan.

Saya yakin, sketsa desain yang saya sampaikan ini, bukanlah satu-satunya ide yang bisa kita gali di  lahan 5 meter. Namun saya harap, sketsa ini bisa memberi inspirasi dahsyat bagi pembaca sekalian. Salam persahabatan selalu :)

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Andy S says:

Dear P’Agus..
Salam kenal, desain2 rumah dr bpk sangat bagus walaupun kondisi lahan nya cukup minim..

Kami juga mempunyai lahan yg cukup extrim kecil yaitu 6 x 31 m..

Jika berkenan, kami mau minta bantuan P’agus utk desain rumah dengan type lahan sempit seperti ini.

Konsep yg kami inginkan adalah modern minimalis 1 lantai dengan taman dan carport di depan rumah, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, 1 kamar tidur utama (kalau bisa agak luas) dengan kamar mandi didalmnya, 2 kamar tidur yg ukuran sedang, 1 kamar mandi tambahan, tempat cucian pakaian, taman dibelakang rumah jg bs befungsi sbg tempat jemuran dan akses kecil disamping rumah yg bisa menuju ke ruang keluarga.

bisa mhn bantuannya p’agus yah..
Terima Kasih sebelumnya..

BR//

Ummu Syadi says:

Assalamualaikum…
Salam kenal. Saya sangat suka dengan ide ide desain mas wid. Bagus bagus dan memenuhi kriteria ….
Kalau punya lahan Lebaran tanah 5 meter memang agk susah ya mas. Kebenaran saya punya lahan tanah 5x15m. Ingin punya ruang tidur utama yang besar kamar mandi di dalam dan kamar pakaian,garasi,dua kamar anak garasi tanaman. Bisakah mas wid membuatkan desain rumah idaman saya ini? Terima kasih banyak
Wassalamualaikum

aguscwid says:

Wa’alaikum salam,
InsyaAllah saya buatin konsep rumah di lahan berukuran 5×15 meter. InsyaAllah ada solusi koq.
Thanks sudah berkunjung.

Loro Utek says:

dadap rejo sebelah endi gus, aku mlaku nang pengembang perumahan sopo roh iso uklam bareng.

bunda salwa says:

top banget bang ide-idenya. kalo udah sempit pendek lagi bisa g ya. uk. 5,5 x 12, 2 lantai. tapi masih pengen punya taman di depan dan di belakang atau ditengah rumah. kamar 4 dan ada minipool untuk anak-anak. bisa g ya?

Bunda Salwa says:

top banget bang ide-idenya. kalo udah sempit pendek lagi bisa g ya. uk. 5,5 x 12, 2 lantai. tapi masih pengen punya taman di depan dan di belakang atau ditengah rumah. kamar 4 dan ada minipool untuk anak-anak. bisa g ya?

sunu says:

dear mas agus, minta tolong dibuatkan denah rumah ukuran minimalis 4,5×8
terima kasih :)

aguscwid says:

Ditunggu saja2 posting dari saya insyaAllah :)