Desain Fasad Rumah 2 Lantai Tipe SAWAH. #6x15m2

Konsep desain rumah tinggal tipe SAWAH mengawali penggalian ide saya terhadap rumah dengan lebar 6 meter di bulan Februari. Lahan  dengan lebar ini nyatanya banyak diminati para pemilik rumah karena selain terjangkau harga tanahnya juga lebih hemat ketika membangun. Menariknya, tata ruangnya pun memiliki kombinasi yang tidak begitu banyak, sehingga di range tipe ini saya lebih suka bermain-main dengan fasad tanpa mengabaikan estetika denah :)

Konsep Desain Rumah Tipe SAWAH

Berbicara tentang denah, ini kali saya ingin mencoba ide meletakan tangga  di areal depan dengan posisi lebih maju dari ruang yang lain. Dengan lebar 6 meter, saya pikir tak terlalu banyak opsi yang bisa kita hasilkan mengenai ini. Lalu, untuk menghindari kesan bejubel, ribet akibat bagian fasad tangga yang lebih maju, saya coba memundurkan denah sedikit lebih ke belakang sehingga carport mobil terlihat lebih  panjang untuk sebuah lahan kecil yaitu hampir 6 meter :). Tentunya ini bukan keputusan mudah, bila lahan tak begitu panjang. Saya sih punya keyakinan semakin mundur rumah, kesan luas dan megah akan semakin didapatkan dari pandangan fasad depan :).

 

Layout Rumah Tipe SAWAH

Selanjutnya dengan bekal 3 kamar + 2 km/wc  yang dimiliki rumah ini, rasanya sebuah keluarga kecil dengan dua orang anak akan cocok dengan rumah ini. Konsep denah yang relatif simple dan terbuka tentu diharapkan pemilik rumah yang berjiwa muda dan dinamis. Hal ini jelas terlihat dari ruang keluarga, ruang makan dan dapur yang dijadikan dalam satu areal. Lalu, pemberian lubang (void) pada pelat lantai diharapkan mempertegas konsep terbuka ini selain  memberikan sirkulasi udara dan cahaya yang baik serta kesan yang luas.

Konsep fasad/tampak rumah ini mengedepankan kombinasi garis vertikal dan horisontal, umumnya ciri rumah minimalis modern. Permainan maju mundur tembok bagian depan rumah juga mengisyaratkan kesan dinamis yang ingin disampaikan. Beberapa perletakan kaca mati vertikal dan horisontal dalam fasad rumah bukanlah hiasan semata tapi juga melibatkan fungsi estetika rumah itu sendiri seperti sirkulasi udara dan cahaya.

Kemudian, fasad kita beri aksen dengan  menggunakan tembok finishing warna bata (teracota) atau juga bisa pasangan bata roster. Sehingga akan ada bagian tampak rumah yang terlihat berwarna bata merah. Aksen ini diletakan di areal tangga dan depan kamar. Kita juga bisa membuatnya dengan konsep unfinish batu bata merah. Saya berharap konsep ini berhasil menghadirkan nuansa lebih hidup dan berbeda pada rumah ini. :)

Tampak rumah sekarang memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat modern saat ini, bahkan untuk lahan kecil sekalipun. Semoga posting ini memberi inspirasi dahsyat bagi kita semua.

Salam persahabatan selalu :)

Update

Update Desain Tipe SAWAH_Sketsa 3D

 

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

You may also like...