Rumah Tropis Tipe MADIUN di Lahan #11x31m2.#Project Review.

Pentingnya penerapan konsep rumah tropis mulai terasa bila memasuki musim hujan saat ini. Yup, tampias hujan selalu menjadi hiburan tersendiri bagi rumah yang menganut rumah minimalis modern saat ini. Limpasan air hujan di teras maupun balkon mulai mengganggu akibat lebar kanopi atau tirisan yang minimalis. Limpasan air hujan pun acap kali membuat umur kusen-kusen menjadi lebih pendek bila menggunakan kayu.  So, tak ada salahnya ini kali  saya mencoba berbagi konsep desain rumah tinggal dengan tampilan tampak tropis klasik. Sederhana tapi efektif untuk mengantisipasi iklim tropis kita . :) 

Rumah yang berdiri di atas lahan 11×31 m2 ini mencoba menampilkan kesederhanaan fasad sebuah rumah tropis yang asri. Ide konsep rumah tropis memang ditujukan untuk mengadaptasi iklim tropis yang kita miliki. Jadi tirisan rumah ini pun dibuat lebih lebar dan panjang untuk mengantisipasi limpasan air hujan. Selanjutnya untuk membuat kesan tropis semakin kental, material kusen menggunakan kayu  dengan warna natural (tanpa cat), begitu pula teras depan bagian rumah juga menggunakan keramik warna merah bata. Beberapa bagian tempat semacam pagar pun menggunakan konsep semi unfinish bata ekspos. Harapannya tentu berujung pada tampilan natural yang ingin dihadirkan di rumah ini.

Bicara tentang denah rumah, tak ada yang istimewa dari tata ruangnya selain  bentuk denah yang memanjang ke belakang akibat bentuk  lahan.  Dengan ukuran lahan yang lumayan panjang, tentunya opsi jumlah kamar semakin banyak. Namun 4 kamar, saya rasa udah cukup untuk disematkan dan mengakomodasi kebutuhan kebutuhan keluarga yang terdiri suami-istri denngan 3 atau 4 anak ini. :)

Rumah Tinggal Tipe MADIUN

Saya sendiri menyadari bahwa konsep trend rumah minimalis modern yang berkembang saat ini, tak begitu nyaman untuk mengadaptasi kondisi iklim kita terutama ketika hujan. Maklum namanya juga trend :D.

Saya berharap konsep minimalis modern ke depan benar-benar mempertimbangkan kondisi tropis yang kita miliki bukan unsur latah trend semata.

Semoga bermanfaat dan salam persahabatan selalu.

*untuk resolusi yang lebih bagus silahkan klik disini

 

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

You may also like...