Layout Rumah Tinggal Plus Kost Tipe RINJANI. #Project Review

Bila anda ingin memiliki rumah tinggal sambil menjalankan bisnis rumah kost, insyaAllah konsep layout rumah tinggal tipe RINJANI ini bisa menjadi alternatif yang patut anda pertimbangkan. Selain organisasi tata ruang rumah yang relatif lengkap, ketersediaan kolam renang menjadi daya tarik tersendiri dari rumah tinggal yang rencananya di bangun di lahan dengan luas ± 500 m2 ini. Tentunya juga adanya rumah kost menjadi pundi bisnis yang harus kita pertimbangkan pula. :)


Rumah tinggal lantai ke- satu. Konsep layout satu lantai dimulai dengan ketersediaan 1 buah kamar tidur utama yang memiliki akses dan pandangan ke arah kolam renang serta memiliki kamar mandi dalam. Tak ketinggalan  ruang makan dan pantry ikut pula meramaikan akses view ke areal kolam renang. Hal ini bisa dimaklumi adanya kolam renang tidak hanya menawarkan view yang menarik tetapi bukaan sirkulasi udara dan cahaya yang bagus pula.

Untuk menjamu tamu yang datang, pemilik rumah menyediakan kamar tidur tamu+km/wc yang terletak berdampingan dengan ruang tamu. Suatu sinyal keramahan yang ingin disampaikan pemilik rumah agar tamu merasa nyaman berkunjung.

Dapur + areal service diletakan berdampingan dengan kamar tidur pembantu+km/wc dan garasi mobil yang memiliki akses ke ruang keluarga maupun pantry. Sedangkan areal service laundry saya sematkan di lantai dua.

Rumah tinggal lantai ke-dua. Tiga kamar tidur anak di letakan di lantai ini, kesemuanya memiliki kamar mandi dalam. Pandangan ke arah kolam renang dihubungkan melalui sebuah balkon yang hanya dimiliki dua kamar tidur yang terletak sisi kiri belakang dan di atas garasi mobil. Namun demikian, semuanya ditata secara unik, memperhitungkan kemudahan akses, sirkulasi udara serta cahaya. InsyaAllah. :)

Rumah kost. Ketersediaan rumah kost ini diharapkan bisa menjadi tambahan bagi pundi bisnis pemilik rumah nantinya. Sayangnya saya tidak membenamkan areal bersama di rumah kost yang memiliki 14 kamar tidur+km/wc ini. Pantry saya letakan di bagian belakang. Sedangkan untuk keperluan laundry bisa dialokasikan di areal belakang di bawah tangga. Tidak lupa areal parkir saya letakan di bagian depan kiri dan kanan bangunan.

Semoga posting ini bisa bermanfaat, barokah dan membawa inspirasi dahsyat bagi kita semua. :) Salam persahabatan s’lalu

Update 25-11-2011 :

  1. Kolam renang ditiadakan
  2. Ruang kerja di tambahkan
  3. Penambahan musholla
  4. Garasi untuk dua mobil
  5. Kamar tidur utama diperbesar, dll.

Untuk resolusi yang lebih baik klik di sini.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Agus says:

Salam Pak.
Saya punya lahan 15m x 24m (yang 15m itu pas di pinggir jalan-kiri ke kanan-, sedangkan yang 24m itu ke belakang) tapi bentuknya tidak kotak karena sisi yang kanan berukuran 15m x 22,5m. Lahan tsb tepat di pinggir jalan dan di samping sebuah universitas.

Saya ingin membangun rumah tinggal sekitar 6m x 8m. Di lahan tsb juga ingin saya bangun kos-kosan sebanyak mungkin dan 2 lantai.

Mohon bantuan Bapak untuk mendesainkannya dengan tetap memperhatikan kenyamanan dan keuntungan dari kos-kosan yang maksimal.

Tolong dibalas ke email saya ya Pak.
Terima kasih atas bantuannya.