Desain Rumah Sederhana Tipe CEMARA di Lahan 6×15 m2. Mbak Inge

Konsep rumah sederhana tipe CEMARA merupakan jawaban atas free design yang diminta oleh mbak Inge. Rumah ini rencananya di bangun di lahan berukuran 6x15m2. Rumah yang memiliki luas bangunan 60 m2 ini, diharapkan bisa mengakomodasi sebuah keluarga kecil bersama orang tua atau kakek/nenek. Tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah, apalagi mbak Inge tidak menginginkan lantai  dua di rumah nya:)

Lahan dengan lebar 6 meter, memang acap kali membuat kita sedikit bingung bagaimana mengatur layout denah yang nyaman. Saya berharap konsep rumah tipe CEMARA ini menjawab kebingungan kita mengenai sebuah konsep rumah sederhana di lahan 6×15 m2.

Sangat penting bagi kita, ketika mendesain rumah sederhana semacam tipe CEMARA ini yaitu pengaturan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup begitu pula sirkulasi lalu lalang pemilik rumah. Oleh karena nya  beberapa penekanan desain yang coba saya terapkan di rumah tipe CEMARA ini antara lain :

  1. Perletakan dapur saya letakan di bagian depan. Tidak semua orang menyukai perletakan semacam ini. Namun dalam kenyataanya perletakan dapur di areal belakang semakin menambah buruknya sirkulasi udara dan cahaya di rumah ber tipe kecil apalagi dengan lebar 6 meter.
  2. Penggunaan konsep ruang tamu terbuka. Rumah ini didesain memiliki 3 kamar tidur, namun saya menganggap 2 kamar adalah ukuran yang ideal untuk lahan 6×15 m2, sisanya sebaiknya di letakan di lantai dua. Oleh karenanya ruang tamu, saya rubah menjadi konsep terbuka demi mendapatkan ruang untuk layout kamar tidur.
  3. Perletakan foyer. Ruang ini semacam ruang transisi sebelum kita memasuki areal ruang privasi pemilik rumah, yang menghubungkannya dengan ruang tamu. Ruang ini semacam sekat pembatas ruang antara areal luar bangunan dengan dalam bangunan.
  4. Tinggi plafond/langit langit rumah sebaiknya minimal 3,25 m’ dan juga dengan memberikan banyak bukaan berupa kusen kaca jendela serta lubang sirkulasi di atas kusen. Harapannya tentu untuk memaksimalkan potensi sirkulasi udara dan cahaya yang ada.


Semoga jawaban desain yang sederhana ini mampu menjadi inspirasi dahsyat buat mbak Inge dan keluarga, tentunya bagi kita semua. Salam persahabatan dahsyat  selalu. :)

*) Resolusi yang lebih baik

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


mas saya mau merenovasi rumah peninggalan nenek,ukuran lahanya 6,3m x 15 meter,berada ditengah2 bangunan.tolong dibantu denahnya dong,,
kira2 budget yang harus disiapkan berapa ya?
gambaran saya,saya ingin 3 kamar tidur berderet.

Hanna Nabilla says:

Mas Agus yth, minta alamat e-mailnya dong, kami sdg renovasi dan kami meminta saran untuk fasad yang cocok. terima kasih.

aguscwid says:

Email saya aguscwid@gmail.com. Thanks sudah berkunjung

hazyd says:

Mas, saya rencana mau buat ruko ukuran 6 x 15 m, 6×10 meternya itu untuk tempat usaha, kemudian 6x 5 kebelakang itu untuk kamar (1)kemudian didalamyna suada ada wc.,, tambah lagi didepan kamar ada semacam dapur. terima kasih sebelumnya atas bantuannya

andri s says:

salam knl mas saya mau minta bantuan untuk renovasi rumah aya lt 90m2 ada bangunan tipe 36 ,saya mau menambahi dapur di belakang yang uk sisa tanah 6X4 tetapi tdk full br ada fentilasi dan di buat lantai 2.untuk bantuan nya saya ucapka terimakasih.

hendra Tarigan says:

Siang Mas Agus,Kalo boleh minta tolong ,saya mempunyai lahan 5×19 m,kalo mau di bikin rumah tingkat dan sederhana dan nyaman tolong di bantu denahya mas…Terima kasih banyak sebelumnya mas agus
Semoga Tuhan selalu memberkati Mas Agus dan Keluarga

daeng nompo' says:

ass, sy daeng nompo’, tinggal di Majene, propinsi Sulbar di antara perbukitan dan laut. sy memiliki tanah seluas 28 x 10 m2. sy masih bingung mencari bentuk rumah yang cocok utk klrga dan kesiapan modal membangun. saat ini sy menabung untuk itu. sy memiliki sitri & seorang anak.
tlg mas, bgm ya type rmh sederhana yg nyaman, murah membangunnya & tentu saja tamu bisa enjoy datang bertandang.
ok, trims atas jawaban mas. wassalam

aguscwid says:

Salam kenal ^_^

sri w says:

ass mas,salam kenal mas sy punya rumah tipe 29/60m2 saya pingin direnovasi buat 2 km tdr,garsai ,ruang tamu /ruang makan,dapur wc sy punya dana 60 juta cukup g ya?nanti kedepannya mau di tingkat sy minta tolong dibuatin denahnya u lt 1 dan lt 2

Bpk Isal S.Pd. says:

Salam, Saya ingin membangun rumah di atas lahan 6 x 18 meter, terdiri atas 3 kamar tidir. 1 kamar mandi, carport, Tolong Pak Agus bagaimana denah yang terbaik ?

aguscwid says:

Baik pak. Data2 sudah sy terima. Nantikan update posting2 dari saya. Terima kasih sudah berkunjung :)

emi says:

mas agus saya ingin merenovasi rumah saya uk.6×12.terdiri dari R.Tamu uk.3×3,2 K.Tidur uk.3×3.5,3×3,gandeng sisanya dapur kamar mandi.untuk ruang tamu supaya kelihatan luas dan tamabah mushola bagaimana tolong digambarkan dan sekaligus saya ingin renovasi untuk tk.lt.2.tidak semua hanya 6x8meter kamartidur 1,k.mandi 1 kira-kira biaya habis berapa tks sebelumnya

retno says:

salam kenal pak..
terima kasih banyak…saya telah melihat blognya..sangat membantu sekali

remirana says:

slamat mas…mohon infonya apa bisa punya uang 75 juta buat bangun rumah berukuran 8 x 12 dengan desain yang sangat sederhana untuk rumah sehat….tks…

aguscwid says:

Bisa sekali. asal satu lantai aja :)

stevanus haryono says:

Mas Agus yth.
met kenal …. sy mau minta tolong buatkan denah dan desain jadinya. Rmh sy bergandengan depan dan belakang. Rmh belakang sudah semi modern sederhana. Rmh depan bentuk joglo dan atapnya bentuk limas, rmh depan ukuran tanahnya 8 m X 8 m akan sy rehab jadi bentuk depan tampak minimalis dan atap sy ganti. 4 Tiang (soko) tengah dihilangkan. Ruang yg saya butuhkan : 2 kmr tidur, ruang tamu memanjang menghadap depan. Samping rumah saya buat taman. Agar dalam dan luar rumh tampak minimalis, tolong mas buatkan desain dan denahnya. Matur Nuwun mas agus

dimas says:

Salam Kenal Mas Agus
saya mau minta saran…saya ada sebidang tanah lebar 7 panjang 18
yg saya dan istri inginkan bangun tempat tinggal 1 lantai dengan 3 kamar tidur,ruang tamu,ruang makan,garasi,dapur,dan tempat ibadah dengan model milimalis, tolong dibantu designya mas. matur nuwun

oktaviolen says:

salam kenal mas agus, saya mo minta saran, saya punya tanah ukuran 10×35 m, mau saya bangun dengan ukuran 8×15, terdiri dari 3 kamar tidur ,ruang tamu, musholla, garasi, ruang makan, ruang keluarga, dapur, model minimalis, gimana bagusnya desain mas agus, trims….

idris bahrul says:

Salam kenal mas agus,saya mau minta saran…saya punya sebidang tanah lebar 7 panjang 15 saya mau bangun 1 lantai kamar tidur 3,ruang tamu,ruang makan,garasi,dapur,model milimalis,gimana bagusnya desainnya mas agus,trims

Trim mas atas ilmunya.

Sindu Kisworo says:

Salam kenal Mas Agus Cahyono. Saya Sindu, saya mohon masukan dan bantuan desainnya untuk rumah impian kami. Saya berencana mbangun rumah ukuran 5 m (lebar) 10 m (panjang ke belakang), dengan tambahan informasi tanah yg akan dibangun masuk mobil, lebih tinggi dari jalan kurang lebih 1 m, menghadap ke barat dan batas tanah utara (saluran air selebar 40 cm), barat (jalan) selatan dan timur (rumah). Sekarang ini jadi jalan tembus warga menuju musholla. Sy berniat mempertahan jalan tembus dengan menutup saluran air dan membuat beberapa titik kontrol. Keinginan istri dan harapan saya bisa punya garasi (di basement), 2 buah kamar tidur (kamar tidur utama dan kamar tidur anak perempuan saya sebanyak 3 orang) kamar mandi 2 (1 km hanya untuk mandi dan 1 km untuk mck). Atas bantuan mas Agus, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih.

Mas Adi says:

Mas, jika dana yang ada antara 50jt-75 juta mau bikin ke gambar di atas cukup gak? :(

aguscwid says:

Sudah cukup, mas Adi. kalo dikerjakan beberapa tukang dengan pengawasan kita sendiri. Lagi pula tingkat arsitektural rumah ini pun tidak rumit. Prinsipnya jangan diborongkan. :)

tri says:

slm kenal mas, saya mohon saran. saya mau bangun rumah dg ukuran 7 x 12, ruang parkir mobil di ganti dengan taman, dan 2 kmr tidur. trims mas

Kodiq Komar says:

bung agus, saya mohon bantuannya desain rumah tinggal. dimana tanah saya uk.20 x 20 m. saya ingin rumah tinggal plus plus usaha toko n ada bisnis kos-kosan. thank sebelumx

aprie says:

Salam kenal mas
Saya aprie dikaltim.Mhn saran utk pengembangan rumah yg telah saya kirim denah sebelumnya di e-mail mas agus.
Trimakasih

salam kenal, saya mau bikin dapur dengan budget 10 jt..dapur yg diinginkan yang ada ruaang buat kumpul2 jga smacam saung2an gtu…bsa gak ya mas? tolong dibantu…ukuran sisa tanah yg mau dibangun leter L 6×3 dan 3×5.

MaYa Mey says:

Aq ada kenalan say bikin design siapa tau aja membantu. Klo mau tlp aja ke no ini 081398298126. :)

makasi saran n waktunya mas…

winda kusuma says:

Asalam WR.WB.

Salam kenal Mas Agus, saya ibu Winda asal bekasi. Mohon saran saya ingin membangun rumah di atas kavling tanah trapezium dengan luas 10 x 18 meter. saya ingin ada sirkulasi udara yang baik dan mengharapkan ada taman di dalam dan di belakang rumah. Terimakasih

salam kenal mas…salam pejuang…mohon saran, saya mau bangun rumah..uk tanah 7×22…lebar belakang 6m…rencana mau 2 lt…tp bertahap…disamping tempat tinggal jg buat praktek…pengen hal parkir luas…lt 1 kamar tidur utama aja 1…km tidur yg lain di lt 2…mohon masukannya…tks…

InsyaAllah kalo ada waktu, saya buat lagi desain untuk varian lebar 7 meter.Semoga nanti bisa mewakili jawaban njenengan. Salam pejuang ^_^

Sabar Narimo says:

mas saya kepingin buat rmh minimalis dengan modal 200 jta tpi bingung desain gambar nya tlg di bantu mas

Wow, kalo 200 jt banyak itu,mas. Bisa medapatkan minimal tipe 100 m2. Btw, berapa ukuran lahannya?

Mas sy pengen buat rumah minimalis dngan modal 40jt…. tp sy bingug desain gambary.
tolong dibantu mas….?

Ukuran lahan berapa, Pak? dengan 40 jt insyaAllah bisa diwujudkan sampai tipe 36 m2

kalau ukuran tanah sy luas 20×50 Meter.

Wow, luas juga tanahnya,pak. Dimanfaatkan cukup lebar 10 meter untuk bangunanannya sih udah cukup. Cuman budgetnya sebaiknya ditambah,pak. Karena budget 40jt idealnya untuk luasan bangunan 36 m2 persegi

makash sdah ada sedikit pengetahuan tantangbaguna……

Sama sama,mas. Thanks sudah berkunjung.