Efisiensi Ruang&Konsep Terbuka Rumah Tinggal Tipe GAJAYANA

Merancang rumah tinggal di lahan yang relatif kecil memang banyak menguras ide kita demi bisa menyajikan tatanan rumah yang nyaman. Salah satunya tercermin di rumah tinggal tipe GAJAYANA ini. Sekali lagi lebar 6 meter menjadi tema favorit saya untuk mengeksplore ide-ide tentang rumah sederhana. Konsep efisiensi ruang dan konsep terbuka menjadi awal pemikiran ketika membuat denah rumah ini.

Kalau kita amati rumah ini sesungguhnya merupakan prototipe dan pengembangan tipe PLAOSAN. Dengan panjang yang lebih dari tipe sebelumnya, jumlah ruangan menjadi menjadi lebih komplit, yaitu dengan ditambahkannya kamar tidur pembantu (baca karyawan).

Konsep terbuka bisa dikenali dengan ter integrasinya ruangan tamu, ruang keluarga, ruang makan serta dapur dalam satu  area. Sehingga privasi tidak terlalu menjadi perhatian di rumah tinggal yang memiliki luasan bangunan ± 120 m2 ini.

Dilantai 02. Konsep efisiensi sangat terlihat di sini yaitu tidak adanya space terbuka seperti ruang duduk, keluarga, ruang televisi atau semacamnya. Praktis di lantai 2 hanya dibenamkan untuk areal istrahat, ruang kerja dan musholla yang dihubungkan sebuah koridor. Simple dan efisien.

Konsep efisiensi bisa dikenali juga melalui perencanaan tangga yang mengitari akses pintu samping. Intinya pemilik rumah harus bisa memanfaat setiap jengkal area. Hal ini akan terlihat dengan dukungan penataan furniture nantinya.

Rumah ini sangat cocok bagi pemilik rumah yang mendambakan sebuah rumah yang efisien, simple tapi tanpa mengabaikan fungsi hunian yang nyaman. Salam persahabatan

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Mas Imung says:

ok mas disainnya.

ahmad solihin says:

mas menurut saya gambar2 yang mas buat cukup bagus, saya senang melihatnya, terima kasih

aguscwid says:

Thanks atas kunjungan dan apresiasinya, mas Ahmad

nur khabibah says:

tolong dong Pak Agus dibuatkan denah rumah untuk luas tanah 6 meter x 24 meter, dengan 3 kamar tidur, dua kamar mandi dengan 1 kamar mandi dalam kamar tidur utama, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur dengan bukaan berupa kolam