Desain Rumah Tinggal Tipe TIRTA di Lahan 10×26 m2

Desain rumah tinggal tipe Tirta menjadi posting saya di akhir bulan April 2011 ini. Denah rumah yang bisa diaplikasikan di lahan dengan lebar 10 meter dan panjang minimal 26 meter ini menawarkan fungsi hunian rumah tinggal yang relatif komplit. Sehingga buat anda yang masih memiliki layout denah standar (perumahan) di lahan 10×26 m2 atau lebih, denah rumah tipe Tirta ini bisa dijadikan sebagai acuan pengembangan denah :)


Rumah tinggal tipe TIRTA ini memiliki jumlah kamar 4 buah, sehingga cocok untuk pemilik rumah yang memiliki anak lebih dari dua. Walaupun demikian fungsi kamar tidur tamu pun bisa disematkan ke salah satu kamar tidur yang ada.

Areal service yang terdiri dari dapur yang terdiri dari dapur, kamar mandi, tempat cuci dan jemur diletakan di belakang di sisi sebelah kiri layout denah.

Ruang keluarga dan ruang makan yang ditata dengan konsep terbuka menjadi penghubung antara fungsi ruang tamu, garasi, areal service dan kamar-kamar tidur. Hal ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan akses penghuni rumah.

Akses garasi ke dalam rumah dihubungkan melalui sisi samping dengan tambahan teras yang bisa difungsikan untuk meletakan helm, rak sepatu. Tidak lupa gudang kecil disematkan untuk melengkapi fungsi garasi yang didesain untuk menampung satu mobil dan dau sepeda motor ini.

Kamar tidur utama diletakan di bagian paling belakang berdekatan dengan musholla. Semua kamar tidur didesain memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang mumpuni. 3 Kamar mandi yang tersedia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan jumlah penghuni rumah yang relatif banyak.

Ruang makan sengaja diletakan  berdampingan dengan taman terbuka dalam rumah untuk memberikan kesegaran. Dan pastinya ruang makan ini sebaiknya dekat dengan ruang dapur.

Semoga bermanfaat. Salam persahabatan

*) Reposting dari http://aguscwid.com/2009/04/desain-rumah-berkamar-banyak-di-lahan-10x26m2/

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

You may also like...