Desain Rumah Tinggal Tipe TIRTA di Lahan 10×26 m2

Desain rumah tinggal tipe Tirta menjadi posting saya di akhir bulan April 2011 ini. Denah rumah yang bisa diaplikasikan di lahan dengan lebar 10 meter dan panjang minimal 26 meter ini menawarkan fungsi hunian rumah tinggal yang relatif komplit. Sehingga buat anda yang masih memiliki layout denah standar (perumahan) di lahan 10×26 m2 atau lebih, denah rumah tipe Tirta ini bisa dijadikan sebagai acuan pengembangan denah :)


Rumah tinggal tipe TIRTA ini memiliki jumlah kamar 4 buah, sehingga cocok untuk pemilik rumah yang memiliki anak lebih dari dua. Walaupun demikian fungsi kamar tidur tamu pun bisa disematkan ke salah satu kamar tidur yang ada.

Areal service yang terdiri dari dapur yang terdiri dari dapur, kamar mandi, tempat cuci dan jemur diletakan di belakang di sisi sebelah kiri layout denah.

Ruang keluarga dan ruang makan yang ditata dengan konsep terbuka menjadi penghubung antara fungsi ruang tamu, garasi, areal service dan kamar-kamar tidur. Hal ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan akses penghuni rumah.

Akses garasi ke dalam rumah dihubungkan melalui sisi samping dengan tambahan teras yang bisa difungsikan untuk meletakan helm, rak sepatu. Tidak lupa gudang kecil disematkan untuk melengkapi fungsi garasi yang didesain untuk menampung satu mobil dan dau sepeda motor ini.

Kamar tidur utama diletakan di bagian paling belakang berdekatan dengan musholla. Semua kamar tidur didesain memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang mumpuni. 3 Kamar mandi yang tersedia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan jumlah penghuni rumah yang relatif banyak.

Ruang makan sengaja diletakan  berdampingan dengan taman terbuka dalam rumah untuk memberikan kesegaran. Dan pastinya ruang makan ini sebaiknya dekat dengan ruang dapur.

Semoga bermanfaat. Salam persahabatan

*) Reposting dari http://aguscwid.com/2009/04/desain-rumah-berkamar-banyak-di-lahan-10x26m2/

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Arifin says:

Mas Agus, Saya punya tanah dengan luas 15 x 30 m2. tanah tsb miring setinggi 1 mtr dari depan kebelakang(menurun kebelakang). saya berniat membuat rumah dengan luas 10 x 12 mtr dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi(1 kamar mandi di kamar utama), ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan 2 teras(kalau boleh tambahan 1 teras ke samping kiri)
Saya ingin membuat rumah dengan mengikuti kemiringan tanah tsb(tanpa membutuhkan banyak tanah timbunan).
Bisa tolong buatkan gambar denah rumah tsbt mas…??
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

mas agus sya punya lahan dgn luas 13 x 20 m2 sya mau bikin rumah lebar 10 dan panjang 15 dengan 3 kamar tidur.

rini says:

Pak agus, saya mempunyai tanah ukuran 30 x 22 m2… Rencananya mau bangun rumah ukuran 130 – 150 m2…Tanahnya diapit oleh 2 jalan depan dan belakang… rencananya mau bangun rumah yang menghadap ke timur… disebelah kiri tanah tersebut sudah dibuatkan sumur yg disemen oleh pemilik tanah sebelumnya.. kira2 bagusnya sumur itu ditimbun kembali atau dipake, pak? saya ingin kamar tidur 3, kamar mandi 2 (sudah termasuk kamar utama dgn kamar mandi di dalamnya), ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, tempat cuci, setrika,jemuran,mushalla kecil.. kalo bisa ruang makan/ dapurnya menghadap ke taman… rencananya pembangunan dilaksanakan bertahap sesuai dengan keuangan yang ada…mohon dibantu ya,pak…

Mohtar says:

Pak agus, Kalo desain diatas diaplikasika di tanah ukuran 8x30m bisa ga? posisi tanah ada di pojok antara jalan desa besar dan gang kecil lebar 1,5m menghadap utara … danmungkin yang dihilangkan/tidak saya buthkan Kamar dibelakang dapur dan KM-nya. Kamar paling depan pojok bisa ga buwat ruang kerja (rencana buwat bengkel kecil2an)… posisi ruang sama persis dalam denah. mengingat samping ada jalan bisa nggak taman depan mushola di buat jalan keluar/ pintu. mohon tanggapannya. kalau bisa di aplikasikan ditanah tersebut ruang apa yang harus di sesuaikan luasnya…???
Terimakasih

Mohtar

huda says:

pak ada denah rumah 9×23?

konsep minimalis yg ada tamannya

Blue Oceans says:

setelah lihat gambar disini saya sangat berterimah kasih bgt karena saya mendapatkan banyak inspirasi,….

terima kasih banyak pak buat inspirasinya semoga makin sukses M/ . . . . . . . .

Mufrodi Odie says:

aq wingi blik ong cz ngenteni nt sue?

Mufrodi Odie says:

aq wingi blik ong cz ngenteni nt sue?

lahh nt mah aq balik jam 12 kurang ko anjog umah

Putra Wadas says:

cuonk wes balik rung

Padly Mem says:

saya sangat tertarik deangan denah yg ditampikan karena saya mempunyai lahan 12,8x30m Terimah kasih…

Zakaria says:

Saya ingin membuat rumah kos….ukuran tanah 12×22.5 m2. rencana awal saya buat 10 kamar dengan ukuran 5X3 meter dengan posisi saling berhadapandengan kamar mandi dalam . namun disarankan teman agar membuat kos sling berbelakang untuk menghemat biaya pembangunan dan sirkulasi udara dan pencahayaan lebih dengan ukuran kamar 3X4… saya ingin berkonsultasi kira2 bagaimana baiknya agar orang yang tinggal merasa nyaman… dan berapa biaya desainnya..
makasih

zakaria

aguscwid says:

Siap,Mas. Thanks telah berkunjung

nizam - qatar says:

penataan ruang yg harmonis, dgn konsep 2 pintu masuk, saya suka sekali dgn gb ini, boleh minta tolong nanti kalau saya udah siap bikin rumah.