Konsep Rumah Kost 2 Lantai Tipe ARJUNA Di Lahan 10×25 m2

Rumah kost tipe ARJUNA merupakan hasil rancangan pendekatan saya mengenai konsep ideal sebuah rumah kost. Setidaknya ini menurut saya, sebagai mantan anak kost2an :) .Rumah kost yang dibangun di lahan 12×15 meter ini hanya memiliki jumlah kamar sebanyak 12 buah.  So, apa aja yang wajib kita pertimbangkan untuk merancang layout denah sebuah kost2 an :

Konsep 3D_tipe Arjuna_another concept

  • Sirkulasi udara dan cahaya. Konten ini wajib dipenuhi untuk memberikan kondisi yang nyaman bagi penghuni kost. Banyak cara untuk menyediakan sirkulasi udara dan cahaya yang nyaman di rumah  kost antara lain :
  1. Penempatan bukaan pintu dan jendela yang bagus
  2. Pengaturan sistem sirkulasi km/wc, (terkait utilitas bangunan)
  3. Tidak memaksimalkan lahan semuanya untuk kamar  kost, pertimbangkan ruang terbuka . Salah satunya dengan pembuatan selasar yang memadai.
  4. dll.
  • Parkir kendaraan bermotor. Jumlah kendaraan yang dari hari ke hari semakin bertambah jumlahnya, membuat lahan parkir juga semakin sempit. Sehingga ketersediaan parkir menjadi menu wajib rumah kost. Bayangin aja rumah kost anda gak tempat parkirnya? :) Akhirnya kendaraan pada bejibul dipinggir jalan. :D Tidak nyaman dong. Kecuali memang tidak mungkin seperti di perumahan padat penduduk.

  • Garasi sepeda motor. Saya tidak berbicara mobil lho ya :)  (edisi lain aja deh). Setelah kita bisa parkir dengan mudah, tentunya unsur keamanan juga menjadi pertimbangan, yaitu dengan memiliki garasi untuk menyimpan dan memarkir kendaraan kita secara aman ketika kita parkir lebih lama.
  • Space kamar tidur yang memadai.  Ketika kita mau buat kamar kost, kita juga harus juga mempertimbangkan furniture yang akan masuk di dalamnya. Single bed, lemari kecil dan meja kecil biasanya menjadi kelengkapan standar  kamar  kost saat ini. So, saya pikir 2,5×3 meter menjadi ukuran minimal untuk kamar yang layak.
  • Areal service. Anak  kost khan juga butuh buat kopi,buat teh, masak kecil,  nyuci baju (even ada laundry), dan menjemur pakaian. :) Jadi selayaknya kita pertimbangankan ketersediaannya  tempat cuci, tempat jemur, dan pantry. Pokoknya asyik kalau rumah kost ada fasilitas ini
  • Ruang kebersamaan. Anak kost juga perlu kumpul kumpul, bersosialisasi, ngopi bareng, lihat TV bersama (apalagi pasa ada acara sepak bola) :). Mantap. Jadi ruang “keluarga” bisa lah diselipkan dalam rencana denah kita.
  • Kamar mandi. Mau di luar atau di dalam sama aja. Pokoknya ada. Tentunya lebih nyaman di dalam ya? . Bila ingin diletakan di luar kamar memang lebih efisien karena jumlah kamar tidak berbanding lurus dengan kamar tidur.Tetapi tetap usahakan memperhatikan perbandingan antara penghuni kost dengan kamar mandi. Misalnya 1 kamar mandi untuk 3 penghuni kost. Biar gak ngantri lama gitu maksudnya.
  • Utilitas bangunan. Kayaknya hal ini sering disepelekan para pemilik kost. Coba deh rencanakan yang baik dengan yang memang ahli utilitas bangunan. Sehingga instalasi listrik, air bersih dan air kotor dapat direncanakan dengan sebaik-baiknya.
  • Dan lain-lain

Semoga sharing saya ini bermanfaat bagi pembaca yang berniat menjadi pengusaha  kost serta memberi inspirasi dahsyat bagi pembaca setia . Salam persahabatan. www.aguscwid.com.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Supra Yogi says:

Mas Agus….
Imil saya dah diterima blom mas.
tulung di bales yah mas Agus..
makasih…

ahmad says:

ada nggak gan konsep pencahayaan tuk rumah kopel.? Rumah sy posisi ditengah, denga dinding double. Tipe 50/72, awalnya 30/72 tp dah dibangun dapur dibelakang. Terasa pengap dan minim cahaya.
Tks sebelumnya

pertamax says:

banyak icon kaskusnya gan :D