Semangat Kebersamaan Di Rumah Tipe DINOYO Di Lahan 11×12 m2. #Bapak Eko

Memiliki anggota keluarga banyak di rumah tentunya sangat menyenangkan, apalagi kita mampu menyediakan naungan yang nyaman bagi setiap anggota keluarga. Lagi lagi saya mengusung kembali konsep maksimalisasi luasan bangunan di lahan yang berbeda dari sebelumnya yaitu 11×12 m2. Agaknya konsep ini sulit kita hindari tatkala tuntutan ruangan menjadi banyak. Denah rumah tipe dinoyo bisa menjadi alternatifi, bagi yang memang memiliki anggota keluarga banyak.

Untuk kita ketahui, pemaksimalan luasan bangunan di lahan seringkali mengabaikan batasan garis sempadan bangunan yang ditentukan oleh pemerintah setempat bila terkait dengan proses IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Selain itu, luasan daerah bukaan untuk sirkulasi udara dan cahaya juga kerap diabaikan. Namun saya pribadi berpendapat, hal ini memang benar-benar sulit dipatuhi dan diikuti, yang bisa kita lakukan adalah melakukan inovasi bagaimana menciptakan rumah yang  nyaman bagi kita dengan segala keterbatasan lahan yang kita miliki. :)

denah rumah tipe"dinoyo"

Rumah ini memiliki 5 kamar tidur, 1 kamar tidur pembantu dan 3 kamar mandi/wcdalam rangka mengakomodasi bila kita memiliki anggota keluarga yang banyak. Areal service di lantai 01 saya kelompokan ada sebelah kiri bangunan sedangkan areal istrahat saya letakkan sebelah kanan. 3 kamar tidur di kumpulkan di lantai 02 dan untuk menambah semangat kebersamaan anggota keluarga, ruang santai dan televisi di lantai 02 diletakan secara khusus menghadap bukaan lubang yang menghubungkan dengan lantai bawah. Tidak lupa musholla menjadi syarat mutlak untuk kegiatan ibadah anggota keluarga, sehingga menambah ademnya nuansa religi di rumah ini.

Sirkulasi udara dan cahaya berusaha diekspos di denah rumah tinggal yang memang memaksimalkan luas bangunan ini. Anda akan dapat merasakan sirkulasi udara dan cahaya yang berusaha diperhatikan di rumah yang memiliki luasan 200 m2 ini.

Semoga rancangan denah ini mampu memberi semangat baru dan kebersamaan di antara kita semua. Amin

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Robby Gondez says:

sptnya tipe ini yg bakal jd dambaan saya :-)
.-= Robby Gondez´s last blog ..How to Last Longer In Bed – Risk-Free Ways to Last Longer Without Using Pills =-.