Memaksimalkan Bangunan Di Lahan Kecil, Tipe MANDIRI 5x12m2 (Bapak Ahmad Ropi’i)

Terkadang harga tanah yang semakin mahal, memaksa kita harus membeli lahan yang kecil dan membuat kita harus berpikir lagi bagaimana merencanakan denah di atasnya. Denah rumah “tipe mandiri” menjawab sedikit kekhawatiran tersebut dengan menyajikan konsep maksimalisasi bangunan di lahan relatif sempit yaitu berukuran 5×12 m2. Rumah yang memiliki luasan bangunan sebesar 90 m2 ini merupakan order bapak Ahmad Ropi’i yang akan merencanakan renovasi rumahnya. 

denah asal

Rumah ini memiliki 3 kamar tidur. 2 kamar tidur anak diletakan di lantai 02 dan 1 kamar tidur utama di lantai. Bagian tersulit adalah ketika kita memutuskan dimana kita akan meletakan dapur, di belakang ataukah di depan? serta bagaimana kita meletakan posisi tangga dan kamar mandi/wc. Saya sengaja merubah posisi kamar mandi eksisting di belakang rumah menjadi di depan, dengan alasan kamar mandi dan kakus di lahan sempit sangat memerlukan sirkulasi udara dan cahaya yang lebih banyak. Sedangkan dapur tetap saya letakkan di belakang rumah dan oleh karenanya sengaja saya letakkan  tangga penghubung ke tempat jemur yang  juga berfungsi sebagai bukaan udara  dan cahaya.

denah "tipe mandiri"

Kamar tidur utama saya berikan bukaan cahaya dan udara di bagian depan (jendela) dengan membuatkan jalan untuk akses pintu samping. Sehingga pintu masuk ke rumah menjadi 2. Jendela kamar tidur utama tidak mungkin saya letakan di belakang dikarenakan kondisi udara yang relatif lembab di bagian belakang nantinya. Kekhawatiran lembabnya udara ini saya coba dengan membuat bukaan lebih banyak lagi di lantai atas.

Semoga bermanfaat.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

You may also like...