Memaksimalkan Bangunan Di Lahan Kecil, Tipe MANDIRI 5x12m2 (Bapak Ahmad Ropi’i)

Terkadang harga tanah yang semakin mahal, memaksa kita harus membeli lahan yang kecil dan membuat kita harus berpikir lagi bagaimana merencanakan denah di atasnya. Denah rumah “tipe mandiri” menjawab sedikit kekhawatiran tersebut dengan menyajikan konsep maksimalisasi bangunan di lahan relatif sempit yaitu berukuran 5×12 m2. Rumah yang memiliki luasan bangunan sebesar 90 m2 ini merupakan order bapak Ahmad Ropi’i yang akan merencanakan renovasi rumahnya. 

denah asal

Rumah ini memiliki 3 kamar tidur. 2 kamar tidur anak diletakan di lantai 02 dan 1 kamar tidur utama di lantai. Bagian tersulit adalah ketika kita memutuskan dimana kita akan meletakan dapur, di belakang ataukah di depan? serta bagaimana kita meletakan posisi tangga dan kamar mandi/wc. Saya sengaja merubah posisi kamar mandi eksisting di belakang rumah menjadi di depan, dengan alasan kamar mandi dan kakus di lahan sempit sangat memerlukan sirkulasi udara dan cahaya yang lebih banyak. Sedangkan dapur tetap saya letakkan di belakang rumah dan oleh karenanya sengaja saya letakkan  tangga penghubung ke tempat jemur yang  juga berfungsi sebagai bukaan udara  dan cahaya.

denah "tipe mandiri"

Kamar tidur utama saya berikan bukaan cahaya dan udara di bagian depan (jendela) dengan membuatkan jalan untuk akses pintu samping. Sehingga pintu masuk ke rumah menjadi 2. Jendela kamar tidur utama tidak mungkin saya letakan di belakang dikarenakan kondisi udara yang relatif lembab di bagian belakang nantinya. Kekhawatiran lembabnya udara ini saya coba dengan membuat bukaan lebih banyak lagi di lantai atas.

Semoga bermanfaat.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


putra dewa says:

mas tolong saya minta bantuannya untukmembuat denah sekaligus gambar rumah minimalis model sekarang dengan ukuran 5×10 dengan kamar utama ukuran 3×3 tapi tidak tingkat sekaliantempat kamar mandi dan dapur dan untuk 2 kamar lainya terserah gmana bagusnya .makaasih sebelumnya

Nizamul Fakri says:

salut , dengan lahan yang terbatas spt ” tipe mandiri ” ini masih bisa bikin 2 pintu akses , depan dan samping . dua jempol deh.. ( gelengtakjub mode on )

Razan says:

Yth. Bapak Agus

Mohon bantuannya. saya punya rumah 6 x 12,5, punya rencana merenovasinya menjadi dua lantai dengan cara bertahap dengan kebutuhan ruang sbb:
lantai 1
r tamu, carpot, r keluarga/r makan, dapur, km, r tidur utama dengan km

lantai 2
tahap awal :
2 r tidur anak, r keluarga, km, t jemur, balkon

tahap berikutnya :
tambah 2 r tidur anak

terima kasih atas bantuannya

denahnya cukup bagus tapi yg saya inginkan denah satu lantai aja pak. Trims

Pepi says:

Salam Hangat..
mas mohon bantuannya dng…
saya pny tnh uk lebar 10 m , panjang 21.. saya ada niat mau bangun rumah bangun kurang lebih 7 x 9 s/d 11 mtr dengan ada tmpt warung kelontong..
tolong buatin dng design rumahnya dengan 1 kamar tidur utama, 1 kmr tdr anak, saya kpingin nya ruangan warung nya agak memanjang kira2 3.6 x 6…
trima kasih ATAS perhatiannya

tumi says:

mas, rumah saya seperti ini, tapi agak panjang sedikit ke belakang, saya kurang tahu pastinya berapa karna belum saya ukur. hanya saja denah yang di attach itu 3 kamar, sedangkan rumah saya harus ada 4 kamar mengingat rumah ini adalah rumah warisan orang tua saya. adakah desain yang pas untuk rumah saya. mohon bantuannya yah mas… sekalian estimasi dana nya.. terima kasih

Amin says:

Mohon bantuannya mas…sy cuman ada tanah 5cm x 10 cm, rencana akan dibuat lantai 2. Lantai 1 terdiri dari: 1 garasi, ruang tamu, kamar 1, dapur kamar mandi, Lantai 2 kamarnya 2. tempat cuci dan jemur di atas bagian belakang. lantai atas bagian depan ada balakon. mohon bantuan sarannya ya..terimakasih

Amin says:

rencananya kamar anak semua di atas

Abu Azka says:

pengen minta tolong bikin layout ama tampilan depan rumah nih mas..

pengennya Minimalis..
Ukuran tanah 7×15 m
2 Lantai, Kamar tidur 3 + 1 atau 4 + 1 (1 kamar utama sisanya kamar anak dan 1 pembantu)
Kamar mandi 2 (1 di bawah 1 di lantai atas yang diatas pake shower aja mas)
sisanya standard mas Ruang tamu (jangan gede2), Ruang keluarga (boleh lbh gede), Ruang makan, dapur, Carport / garasi, tempat jemuran/nyuci
berkesan luas walau tanah gak seberapa hehehe

makasih yah mas.. ditungggu kabar baiknya

deny says:

met siang mas, salam kenal. saya mau minta tolong untuk free desain rumah tinggal sederhana 1 lantai 3 kamar tidur, dengan ukuran tanah 10x40m. tapi saya hanya ingin membuat bangunan dengan ukuran 7×15.Trima kasih sebelumnya.