Update Denah Rumah Tipe SENGKALING. Mbak Maya

Bahasan denah rumah kali ini adalah update posting sebelumnya dari tipe “sengkaling” milik dari mbak Maya, yang rencananya berdiri di atas lahan 12x21m2. Update ini antara lain meliputi penambahan ruangan berupa musholla, informasi arah mata angin yang, pengurangan ukuran kavling arah memanjang dari 21 meter menjadi 20 meter  untuk keperluan parkir di depan rumah (dikarenakan akses jalan di depan rumah yang kecil),  space untuk parkir 2 sepeda motor di garasi mobil.

Musholla saya letakan di tengah bangunan dengan harapan memudahkan akses bagi semua penghuni rumah, dan perletakkannya pun di bagian kiri berbatasan dengan garasi. Akses masuk musholla pun saya taruh di sisi utara musholla bukan di sisi timur untuk memberikan sisi privasi bagi yang sedang sholat, kalau misal saya taruh pintu masuknya membelakangi orang yang sholat, saya rasa secara psikologis kurang memberi rasa nyaman. :) Tidak lupa tempat wudhu saya rencanakan berdekatan dengan musholla.

Denah Tipe Sengkaling (updated)

Hampir semua ruangan didesain untuk memiliki sirkulasi udara dan cahaya . Hanya satu kamar yang terpaksa membutuhkan taman terbuka untuk mendapatkan sirkulasi tersebut yaitu kamar tidur anak di bagian kanan bangunan.

Mbak Maya tidak perlu khawatir mengenai keperluan space parkir untuk sepeda di denah rumah tipe “sengkaling (“updated) ini, karena menurut saya masih cukup untuk memarkir 1 atau 2 sepeda motor .  Posisi carport sengaja saya rubah menjadi di sebelah kiri bangunan tidak seperti pada desain tipe “sengkaling” sebelumnya.

Desain Denah Rumah Tipe " Sengkaling" (posting sebelumnya)

Saya rasa, dengan mbak Maya dan suami mengurangi panjang kavling untuk kepentingan tambahan space parkir mobil di jalan depan rumah (karena jalan di depan kecil) adalah tindakan yang sangat smart.  Lalu mengenai estetika nya saya rasa tidak ada masalah, materialnya pun bisa menggunakan beton rabat diselingi sama rumput atau paving, it’s ok. :)

Semoga  jawaban saya ini bisa memenuhi harapan mbak Maya dan suami. Jangan sungkan untuk meminta perubahan bila memang ada yang kurang srek. InsyaAllah saya bantu.

Semoga bermanfaat.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

You may also like...