Rumah Tipe “Sengkaling” Buat Mbak Maya Di Lahan 12×21 m2

3 Comments
Tags: , , ,
Posted 18 May 2010 in Rumah Tinggal

Sketsa Tampak Depan Rumah Mbak Maya

Desain denah rumah tipe sengkaling kali ini saya rancang sebagai jawaban atas free design order dari mbak Maya. Rumah yang rencananya akan berdiri di atas lahan berukuran 12×21 m2 ini, sepertinya ditujukan untuk menaungi sebuah keluarga besar sehingga mbak maya mengharapkan adanya jumlah kamar tidur 3 buah,1 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur pembantu. Selain itu, mbak Maya juga menginginkan dapur terpisah agar asap masakan tidak masuk ke ruang makan atau ruang keluarga.

Dengan lebar 12 meter, sesungguhnya komposisi denah bisa sedikit leluasa. Maksud saya rajangan letak denah memiliki pilihan yang banyak. Namun kali ini, saya meletakan ruang tamu diapit oleh 2 buah kamar tidur anak. selanjutnya 2 kamar tidur berikutnya (1 kamar tidur anak dan 1 kamar tidur utama) saya letakan berurutan di sebelah kiri bangunan, dengan tidak lupa memberi jeda berupa ruang sirkulasi udara dan cahaya.

Desain Denah Rumah Tipe " Sengkaling"

Saya tidak mendapat informasi dari mbak Maya kemana kavling ini menghadap, utara, selatan? oleh karenanya untuk sementara ini areal service (dapur, tempat cuci) saya letakkan di sebelah kanan bangunan. (informasi terbaru sudah saya dapatkan, insyaAllah akan saya  update berdasarkan info terbaru pemilik). Dengan demikian rumah ini terbagi menjadi 2 bagian fungsi tata ruang yaitu sisi kiri sebagi zona privasi, tempat ber- istrahat dan sebelah kanan sebagi areal service. Harapan mbak Maya untuk mendapatkan view taman dari ruang makan sudah terpenuhi di denah rumah ini.

Semoga jawaban saya berkenan buat mbak Maya dan bermanfaat buat sahabat sekalian.:)

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Topan says:

Mas Agus,

Saya punya Tanah seluas 12(P) x 28(L) dengan posisi menghadap Barat. Saya ingin mempunyai rumah dengan design gaya Kolonial / Betawi dengan 4 Kamar Tidur dengan 2 Kamar Tidur Utama yang mempunyai Kamar Mandi masing2 dan 2 Kamar tidur anak dan 1 Kamar Mandi untuk mereka. Selain itu saya juga ingin ruang Tamu yang terpisah dengan ruang keluarga dan ruang makan (artinya Tamu nggk bisa liat ruang keluarga secara langsung). Kemudian rumah ini dilengkapi dengan Dapur, Kamar Pembantu, Kamar mandi tamu (umum), Gudang, Ruang Setrika sekaligus tempat penyimpanan baju.
Selain itu Carport untuk 1 Mobil dan Garasi untuk 2 Mobil (mungkin 1 menghadap timur dan 1 lagi menghadap selatan dengan tidak menghalangi mobil yg menghadap barat jika ingin keluar.
Sehubungan dengan matahari siang sd sore tu panas…saya minta tolong didesignkan supaya rumah ini tidak panas.
Untuk ini saya ucapkan terima kasih dan jika perlu mohon kiranya bapak bisa mengkontak saya di 089664570867

salam

Topan.s

Ahmad Dwi says:

sya pnya tanah 10×15 desain rumah yg sederhana gmana ya mas.