Denah Rumah Tipe Semanding Plus Toko di Lahan Trapesium (Pak Adip)- Bagian 1

Dalam kesempatan kali ini, saya coba mengutak-atik sebuah lahan berbentuk trapesium milik dari bapak Adip yang hasilnya saya namakan tipe “Semanding” (nama sebuah desa dekat tinggal saya di Batu-Jawa Timur). Sayangnya bahasan ini akan saya bagi dalam 2 bagian karena lingkup desainnya cukup besar. Bahasan kali ini (bagian ke-1) saya membahas denah lantai 01, selanjutnya nanti di bagian ke-2 akan dibahas lantai02. Semoga Pak Adip tidak kecewa.

Rumah ini sesungguhnya ingin mengusung konsep rumah tinggal & toko. Pemilik (Pak Adip) menginginkan rumahnya bagian depan ingin dijadikan toko. Saya sendiri tidak mendapat informasi lebih jauh tentang toko apa nantinya, karena  informasi ini sangat penting untuk mentukan besaran/dimensi toko. Jadi saya berasumsi saja.:) Permintaan standar lain seperti kamar tidur utama, kamar tamu, garasi, dapur, musholla dan lain-lain juga menjadi catatan penting saya dalam desain di lahan trapesium ini.

Penekanan desain saya kali ini berkutat pada ruang tengah. Terutama bagaimana meletakkan musholla. Kemudian saya coba memulainya dengan  mencari sirkulasi udara dan cahaya dari kamar-kamar dan musholla, akhirnya saya  putuskan dengan meletakkan kolam di tengah bangunan yang nantinya konstruksi penutup atap di atas kolam haruslah bersifat transparant sehingga cahaya matahari bisa masuk. Selain itu, space kolam ini sejatinya juga bisa berfungsi sebagai shield (pelindung) privasi bagi kamar-kamar  dan musholla, sehingga areal istrahat dan sholat tidak terlalu terganggu dan dekat dengan areal semi publik (semacam ruang keluarga, ruang makan). Apalagi percikan air di kolam, konon juga sangat membantu kekhusyukan kita dalam sholat .Asyik juga khan.:)

Konsep Denah Lantai 01 Rumah Pak Adip Tipe"Semanding" di tanah trapesium

Kali ini saya tidak akan berbicara panjang desain denah tipe “Semanding” ini, karena lingkupnya terlalu banyak.Maklum lahannya relatif “gedhe”.  Takutnya pembaca jadi bosen :). Semoga bahasan ini bisa memberi inspirasi bagi pak Adip dan bermanfaat bagi yang lain. Amin.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


wah bisa buat refrensi nih…