Rumah Sederhana Berkamar Tiga di Lahan 6×12,5m (Tipe Padas)

Membangun rumah sederhana di atas lahan kecil, memang susah-susah gampang. Contohnya bila di lahan berukuran 6×12,5m2, karena anggota keluarganya banyak akhirnya, denah berorientasi  pada jumlah  3 kamar tidur.

Perspektif Rumah Sederhana

Alhasil, beberapa fungsi ruang harus menjadi satu contohnya seperti area ruang keluarga dan ruang tamu. Bahkan untuk dapur saja terpaksa di desain seperlunya, dengan harapan dikembangkan kemudian hari.

Kondisi ini sulit dihindari mengingat kecilnya lahan. Namun dengan penataan interior  yang bagus, insyaAllah rumah tetap nyaman di huni :).

Semoga bermanfaat.

#update :

Buat yang sedang membangun rumah tipe ini, berikut konsep ukurannya. Maaf dimensinya pake ukuran milimeter, entar dibulatkan ke angka yang lebih enak aja. Semoga bermanfaat

Perspektif Rumah Sederhana

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


mutakin says:

mas…tolong dibantu rencana buat rumah tumbuh 6×12 untuk 3 kamar, nanti di email aja,,,makasih

yadi says:

askum…mas, mohon bantuannya…sy punya lahan lebar depan 5.5m lebar belakang 8m panjang 9m…ruang yg saya inginkan :
1. teras di dpan dan halaman depan
2. r.tamu
3. r. kluarga
4. r. tidur utama
2. r. tidur anak 2
6. r. tidur tamu 1
7. KM
8. r.makan
9. dapur
10.r. taman di belakang
11. tempat cuci
12. tempat jemur
13. gedung satu tingkat

makasih banyak, ats bantuanya
wsslm

aris says:

mantap …

amin amincom says:

tolong tampilkan denah desain rumah ukuran lebar 6m x 12m bentuk tanah segi tiga lebar depan hanya 3 meter total luas 300 m

darwin says:

Saya punya lahan 6 x 14 kalau mengacu dengan denah diatas bagaimana pengaturannya, dengan kebutuhan ruang sbg berikut:

- Taman depan
- carport
- Taman belakang (bisa untuk jemuran pakaian) , tempat cuci pakaian , gudang
- Ruang tamu
- Ruang keluarga
- Musholha
- 2 kamar tidur
- Kamar mandi & WC (Closed jongkok) terpisah
- Dapur
- Tandon air bawah tanah (di taman depan)
- Sumur air (di taman belakang)

Catatan :
Kami ingin ada dua pintu di depan rumah, jadi jikalau ada tamu di ruang tamu maka bisa masuk di pintu samping

Saran bapak sangat bermanfaat bagi kami, tks

titik says:

Salam sukses,mas sy mempunyai sebidang tanah dg luas 4x17m.rencana ingin membabgun 2lt dan ada ruang ibadah mohon petunjuk dan desainnya makasih.

aguscwid says:

Lahan yang menarik. Lebar 4 meter. Baik mbak ditunggu aja posting2 dari kita

budi says:

Mas Agus salam kenal sebelumnya. Mohon bantuannya Mas saya ingin bangun rumah , dikirim beberapa sketsa denah rumah 6,8×11, 8. Saya pinginnya lantai 1 keliatan dari bawah sehingga udara segar masih masuk dan terlihat luas. Untuk lantai I, ada satu kamar tidur, garasi, r. tamu, r. keluarga, dapur, musholla, kamar mandi,tempat jemuran posisi dibelakang/samping. Sekalian gambar terasnya Mas. Suwun

uche says:

hi m.agus
makasiiii da berbagiii blog na..
saya,,,ada tanah ukuran 17×14,,,
rencana mau buat rumah tingkat,,,,2 lantai…!!!

bisa minta masukannya ga???
makasiiiii ^^,

rafa hariri says:

mas minta denah rumah 1 lantai dong ukuran 6×16. mau bangun doku mepet niih…. makasi ya mas wassalam

erfan says:

Mas…tolonng bikinkan tipe rmh yg minimalis dan modern 3 kamar + mushalah, sy punya lahan tanah 10 ×22,5 tp kmampuan dana sy dbawah 100jt. rencananya setelah garasi ada musholla.wc luar berdampingan dgn musholla. wc dalam ruang keluarga.dapur dibelakang dan jemuran. tanpa taman rencananya semua halaman depan pakewk paving.mksih

eddy says:

dari lebar tanah 8m pertanyaan saya yg di atas td mas rencana saya lebar bangunan hanya 7m yg 1m untuk jln kebelakang sekalian utk penggambilan pencahayaan matahari soalnya kanan kiri sudah ada bangunan trims mas

eddy says:

terima kasih mas udah terinpirasi desain dgn ukuran di atas tlg mas munculkan jg tu yg luas tanah ukuran 8×18 dgn struktur bangunan bagian belakang lantai 2 tp dana yg ringan / 3 kamar tidur /2kamar mandi (1 di kamar utama 1 lg di bagian belakang) / ruang tamu ,ruang keluarga / garasi tetapi semua ruangan mendapat pencahayaan matahari saya tunggu ya mas ,trims

siiippp.siipp…… keren bgd Gan.. :)

masro br manalu says:

mas…tlg di buatkan dena rumah ukuran tanah 10 x 15 dgn 3 kmr tidur, ruang tamu, r keluarga, r dapur dan 2 k mandi…mas tlg di buatkan yg 1 lantai aja mas……tlg di balas mas…sekalian perincian biaya bangun nya….blas melalui email aja mas …terimah kasih

Razan says:

Assalamualaikum wr wb
Pa Agus saya mau bertanya, saya rencana mau renovasi rumah ukuran 6 x 12,5 m menjadi 2 lantai dengan luas kurang lebih 120 m2. Kondisi rumah saat ini belum memiliki kontruksi untuk 2 lantai, rencananya saya akan meninggikan lantai 50-60 cm, dinding keliling rumah yang ada tetap bagaimana cara menghitung jika borongan atas upah kerjanya saja.

terima kasih

ayah eghi says:

saya punya lahan lebar 5,5 panjang 12 meter, bisa bantu kami merencanakan pembangunan rumah kami mas? sesuai keinginan anak kami yang keingin punya rumah 2 lantai

hermawan says:

selamat sore mas agus,

kebetulan saya lagi gooling untuk mencari pengembangan rumah 6×15, ketemulah wacana ini. saya memiliki bangunan T32 diatas tanah 6×15, saya ingin melakukan pengembangan kebelakang tanpa menambah lantai. kondisi saat ini masih 1KT & 1KM (denah attached to email), saya ingin tambahkan 2KT dibelakang namun tetap sehat dengan sirkulasi udara/ruang terbuka yang cukup.
sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Cewe IIymuet says:

makasihh bgttt,,, sangat berguna,,,

brguna bgt infony…. suka bgt, tx…

Razan says:

Selamat pagi pa Agus,

Mohon bantuannya pa, saya mempunyai lahan dengan luas yang sama dari gambar denah diatas, hanya saja saya ingin menjadikannya 2 lantai dengan 1 r. tidur utama (dengan kamar mandi), 4 r. tidur anak, 1 km anak, tempat jemur, r. tidur asisten rumah tangga, km untuk asisten rumah tangga, garasi dan carport.

Terima kasih atas bantuannya pa Agus.

yurni says:

selamat pagi mas Agus,
salam kenal..

saya mohon sarannya nih mas Agus, saya punya tanah yang memanjang kebelakang dengan ukuran 20 x 26 m2.

Bagaimana supaya tanah tersebut bisa saya bangun untuk 3 rumah yang minimalis?kalo boleh sekalian denah rumahnya mas..

Mohon bantuannya ya mas Agus..
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih…

CV. KARYA MANDIRI SEJAHTRA(DEPLOVER – CONTRAKTOR – SUPPLIER)

SUPPLIER : BATU BATA MESIN, PALFON GYPSUM + PEMASANGAN, ATAP BAJA RINGAN + PEMASANGAN, PEMASANGAN PINTU & CENDELA, TANAH KAVLING, RUMAH, TANAH NON KAVLING, ATK(ALAT TULIS KANTOR).

MELAYANI & JUAL : ASURANSI (MOBIL, SEPEDA MOTOR, RUMAH, PENDIDIKAN ANAK), CAT MOBIL, JUAL MOBIL, MOTOR.

HUBUNGI MAS SAHID HP. 0852 9618 9700 – 0813 9625 6583
Kantor Cabang : Jl. Trimurti Pasar 6 Dusun V Desa Bandar Klippa, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang 20371, Sumut

Agus Irawan says:

Pertama saya salut dengan blog ini, yang memberikan pemahaman bagi orang yang merencanakan ingin membuat rumah. Yang kedua, saya ingin berkonsultasi dan minta tolong. Saya punya tanah seluas 200 M2 dan berencana akan membangunnya. harapan saya tanah tersebut ingin saya bangun dengan 3 Kamar tidur, 1 Mushala, 1 Carport, 1 Kamar mandi, Dapur, 1 R. Service(tempat cuci), ada teras, Taman mini depan dan belakang, Mini Gazebo di taman belakang dan adanya kolam ikan. Bisa memberikan solusi Mas buat kami sekeluarga..? sebelumnya terima kasih..

febriewidiono says:

salam kenal mas agus

bagus blognya,,,apik,,,,bisa cek emailnya mas?,makasih.sukses berkreasi mas.

febri eko widiono
pasuruan-jatim

siiiiiiip dah,, saya suka ini.

Raden Prabu says:

saya mau bangun rumah ukuran 10 x 20, mohon saran dan ide ya pak… Thanks

anandaputriutami says:

tlg direplay dongggg…tq

anandaputriutami says:

askum…mas, mohon bantuannya…sy punya lahan lebar 12m panjang 13m…ruang yg saya inginkan :
1. teras di dpan dan samping(blkg) yg agak luas
2. carport
3. r.tamu
4. r. kluarga
5. r. tidur utama dgn KM dalam
6. 2 r. tidur
7. KM
8. r.makan
9. dapur bersih
10. dapur kotor
11. tempat cuci
12. tempat jemur
13. musholla

klo memungkinkan taman kecil ditengah ruang…

makasih banyak, ats bantuanya

Don says:

mas, bagaimana penerapanya kira-kira lahan saya 10 x 15 m.

aguscwid says:

Kalo 10×15 m2 lebih leluasa rasanya dong,pak. Tentunya lebih mudah diterapkan. Layoutnya pasti jauh lebih bagus ini.

bagus ….siipp
sya ingin bngun rumah ukuran 12×11m.bagus nya model gmn yAA .makaih..

Mas Adi says:

Coba ada contoh design interiornya juga…
Keknya lebih manteb deh… :D

ishari says:

mas agus saya punya lahan 4x12m di perkampungan tolong dong dibuatkan disain rumah minimalis dengan tiga kamar, lt dasar ruang usaha, r keluarga, dapur. kamar di lt 2 3 kamar….trims. sebelumnya…

aguscwid says:

Lahan yang menarik,Pak. Semoga nanti bisa jadi bahan posting berikutnya ^_^> Thanks sudah berkunjung

Muryadi DK says:

As wR wB, Mas Agus. Tolong, dong, kasih saran.
Saya punya rencana bikin rumah hunian pribadi di atas lahan 15*17 but rumahnya tipe padas minimalis agar halamannya agak luas. 2 kmr tdr, r. tamu, r. kluarga, kmr mandi wc pribadi (menyatu) di blkng, wc tamu di dpn (pintu menyamping), dapur. Skalian jumlah material yg dibutuhkan. JazakaLLOH khoiron katsiro.

Arif Bontet says:

q punya tanah 150m coba tolong desain q dengan bangunan 100m luas 7mx15.

Rohman An says:

terima kasih..atas infonya

loya says:

oh iya mas mas , maksudnya saya pengen rumah 1lantai dengan 3kamar tidur, yang tadi aku lupa luas tanahnya panjang 16m ,lebarnya 11m, terimakasih banyak ya mas?:)

loya says:

salam kenal dr sy mas, saya sangat tertarik dengan desain tipe ide mas. boleh dong mas saya minta tolong. InsyaALLah bentar lg saya mau bangun rumah, tapi sya bingung model/denahnya. saya punya tanah dengan lebar 11M, DAN Panjang 16M. Tolong dong mas kasih model rumah ide rumah yang minimalis & modern? mksh sblm & sesdhnya.

Jhony Wong says:

bgus bnar mas …he….

iya tuuh bnggus bnget

Elo Ande Tea Eco says:

makanja la"de'i bola taaaaaaaaaaaaaaaaa

Febry says:

Mas, kalo boleh. ada ga desain2 rumah tipe kecil dan ditanah kecil, tapi siap utk dikembangkan (rumah tumbuh)? soalnya lahan saya kecil dan dikelilingi rumah tetangga. Jika ada pengen sekali jadi perbandingan. Rencana rumah saya ada dilahan 6 x 12,25 m2 dan mau dijadikan rumah tumbuh. Thanks ya mas

Sandhey Yudo Harsono says:

Mas Agus salam kenal sebelumnya. Mohon bantuannya Mas, dikirim beberapa sketsa denah rumah 6×12, 2 lantai. Saya pinginnya lantai 2 keliatan dari bawah sehingga udara segar masih masuk dan terlihat luas. Untuk lantai I, ada dua kamar tidur, garasi, r. tamu, r. keluarga, dapur, musholla, kamar mandi. Untuk lantai II, ada satu kamar tidur, gudang, dan tempat jemuran. Sekalian gambar terasnya Mas. Suwun.

anang says:

it’s really inspiring!!! tlong dong kirimin desain yang ukuran 6x12m k e-mail aku y,please!! rumah sekarang hanya 2 kt, 1 r.tamu, 1 r. makan, 1 k.mandi,dapur, saya pengen punya 4 kamar tidur,dan bentuk 2 lantai
mkasih y sblumnya. sukses slalu bt Mas

aguscwid says:

Thanks telah berkunjung ya,mas. Sepertinya yang mas anang minta, koq mirip dengan tipe Gajayana ya? Salam persahabatan

kangherman says:

Assalamualaykum, Pa Agus
Perkenalkan nama saya herman dari kota bogor. saya tertarik untuk mendapatkan ila anda tertarik untuk memiliki GAMBAR DETAIL DENAH/GAMBAR PERENCANAAN LENGKAP DENAH RUMAH TINGGAL ukuran 6 x 12,5 m ( type cadas). alhmdulillah saya memilki tanah dengan luas dan bentuk yang mirip ( tanah saya ukuran 6,5 x 14 m)dan saya rencana mau buat rumah 3 kamar dengan 2 kamar mandi. sudilah kiranya pak agus membantu saya mengemailkan desain lebih lengkapnya.
Ats bantuan pak Agus saya ucapkan terima kasih, dan semoga Alloh membalas kebaikan pak Agus
Wassalmualaykum wr wb

NB : sebelumnya sdah kirim email namun belum terbalas

yadi says:

Pak,saya minta tolong gimana bagusnya bikin rumah ukuran 6*9meter.full bangunan dngn 3 kamar tdr.ruang tamu,ruang kluarga,ruang mkn dan dapur?.

Ly ChaniaGo says:

saya punya tanah 14×18 meter
desain yang bagus buat hunian dengan 3 kamar tidur seperti apa bagusnya?.
makasih

ari wibowo says:

assalamua’laikum..
mas saya mau minta tlong,
sya punya tanah dengn luas 6 x 13 m…
desain rumahnya bagusnya seperti apa y mas…
tlong bantuannya…
trima kasih

donny says:

Mantap, terkesan lega dan lebar… tp msh ada yg ingin tanyakan, misalkan ada rejeki saya ingin mengembangkan ke atas, bs ga mas agus bantu saya utk pengembangan tersebut, thank’s mas atas bantuannya…

putro says:

rekomendasi yang bagus, thanks mas

aguscwid says:

Thanks,mas putro :thanks2

siswyo says:

Mas…tolonng bikinkan tipe rmh yg minimalis tingkat dua 4 kamar + mushalah, sy punya lahan tanah 14,5×18,5m tp kmampuan dana sy dbawah 200jt…

lilik rochmadi says:

Pak/mas i punya lahan lebar 6m panjang krg lbh 100an mter,tlg dgbrin sketsanya,rencana blkg mo i bgin gedung serba guna,tanks blsana,

nia says:

it’s really inspiring!!! tlong dong kirimin desain yang ukuran 5x12m k e-mail aku y,please!! saya sdah pnya anak satu jadi kyanya pgn pny kmar lebih dengan pncahayaan bagus soalnya letak lahan kavlingnya dtengah2 rumah orang…
mkasih y sblumnya. sukses slalu bt Mas…

kemala says:

salam kenal, pas banget dengan yg saya cari…
thx ya !

rony rusdiansyah says:

komposisi 3 kamar tidur yang menarik, semua kamar dapat penghawaan dan pencahayaan langsung, inspiring mas.

jabaterat.

aguscwid says:

thanks mas rony atas kunjungannya.

husni says:

tolong donk yg ukuran 3 x 10 gmn design nya…heheheh
terlalu sempit ya, habis tanah aku cm sgitu/////

aguscwid says:

saya rasa bisa koq,mas. no problem. cuman biasanya jadi 2 lantai supaya mantep. thanks yah udah berkunjung

isna_nk says:

makasih share-nya…. salam sukses buat anda…:)

aguscwid says:

Terima kasih,mbak telah berkunjung ke situs aguscwid.com

hanif IM says:

blog berisi seputar rumah nih. unik, kreatif, belum ada yang niru, semoga banyak artikel2 rumah lainnya. bisa jadi bahan referensi. sip… salam kenal…

admin says:

Terima kasih mas.sudah berbaik hati mengunjungi blog saya :). Salam kenal dan persahabatan

Andi Eko says:

Saya suka dengan tipe ini, karena cocok sekali dengan kondisi lokasi saya yang ukuran mirip sekali yaitu 6 x 14 meter.
Untuk penerapan mungkin saya hapus untuk taman sebagai dapur terbuka karena umi nya rayhan suka sekali memasak.

joko santoso says:

keren, biarpun sempit, tapi tetap kelihatan longgar

Agus Siswoyo says:

Bagus mas, saya jadi terpikir lebih terperinci mengenai planning ini.

admin says:

@Agus Siswoyo, thanks,mas atas kunjungannya.Btw…kontesnya menarik sekali.