Pengembangan Rumah di Lahan 5x12m2 (Mindy-Tangerang)

34 Komentar
Tags: , ,
Posted 20 Feb 2010 in Review Desain

Pertanyaan:

Selamat sore, saya memiliki rumah dengan desain seperti pada attachment1,  ingin mengembangkan menjadi seperti attachment2.
apakan pengembangan yang saya rencanakan masuk akal secara teknik pembangunan?
apakah ada saran tentang pengembangan ini?
jika ingin direalisasikan, berapakah kira2 biaya yang diperlukan dan bagaimana cara menghitungnya?
atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.
mindy – tangerang

Attachment2-Rencana Pengembangan

Attachment2-Rencana Pengembangan

attachment1-denah awal

Attachment1-Denah awal

Jawaban :
Dear Mindy di Tangerang
Terima kasih telah berkunjung ke aguscwid.com. jika melihat gambar yang Mindy lampirkan maka ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan bahwa secara teknis pengembangan seperti attachment2 sangat mungkin dilakukan, bahkan menurut saya desain Mindy mudah untuk dilaksanakan dan sudah mengacu konsep rumah tumbuh. Saya salut Mindy telah memperhitungkan kemungkinan sebuah pengembangan denah.

Selanjutnya, secara teknis saja belum cukup untuk sebuah desain denah. Mindy harus mempertimbangkan segi estetika ruang gerak penghuni terhadap ruangan yang direncanakan. Mindy harus bisa membayangkan seberapa besar kira-kira ukuran 2,5 x2,5 m2 untuk kemudian didalamnya terdapat dapur dan tangga ditambah meja makan, kira-kira nyamankah  menurut Mindy? Walaupun secara teori kurang leluasa namun adalah pilihan sulit jika kita mendesain di lahan kecil. Oleh karena itu interiornya harus kita tata se-apik mungkin :)

Mengenai biaya agak sulit dijelaskan di sini, karena penjelasannya memang sedikit rumit. Ada baiknya Mindy membeli referensi buku tentang estimasi biaya rumah tinggal (insya Allah saya akan menjelaskan di tulisan berikutnya), karena di buku itu akan dijelaskan dengan sangat detail caranya.

Secara kasar, saya perkirakan biaya  untuk  pengembangan rumah Mindy adalah kurang lebih 15 s/d 20  juta. Namun sebaiknya tetap dihitung secara terperinci dan disesuaikan dengan harga upah&material di daerah tempat membangun rumah,  misalnya berapa kebutuhan besi untuk kolom, balok dan pelat lantainya?  volume kusen, volume keramik, volume galian pondasi, dan lain-lain. Semuanya nanti tertuang dalam sebuah tabel Anggaran Biaya beserta volume yang akan dikerjakan dalam pelaksanaan pembangunan nanti. Semakin detail kita menghitung semakin menghemat biaya yang kita keluarkan. Mindy bisa mempelajarinya sendiri melalui buku referensi atau meminta bantuan jasa seorang estimator atau perencana rumah.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook