Denah Rumah di Lahan Panjang 7,5×45 m2 (Taufan)

3dsketsa-desainrumah-taufan2Mas Taufan-Kediri-ModelDalam kesempatan ini saya coba mendesain denah rumah tinggal yang rencananya akan dibangun pada lahan berukuran panjang 45 meter dan lebar 7,5meter (Sebagai jawaban desain alternatif atas pertanyaan mas Taufan di Kalimantan). Pembagian ruangan saya kerjakan dengan sangat hati-hati terutama pembagian antara ruangan berfungsi sebagai service area (dapur, tempat cuci, jemuran, kamar mandi),  rest area (kamar tidur, ruang keluarga), dan public area (ruang tamu dan atau ruang keluarga yang menjadi satu area dengan ruang tamu).

Dengan adanya kebutuhan 3 kamar tidur maka kebutuhan sirkulasi udara dan cahaya menjadi wajib pada denah yang bertitle lahan panjang ini. Musholla+tempat wudhu diletakan di tengah bangunan guna mengentalkan  nuansa agama di  dalam rumah, perletakannya pun diperhitungkan untuk kemudahan akses bagi seluruh penghuni.

Denah Rumah Mas Taufan

Ruang makan dan pantry saya letakan berdampingan dan berdekatan pula dengan bukaan taman. Pantry (sebut saja dapur kering) memang sangat diperlukan untuk denah bertipe panjang. Apalagi bila dapur utama terletak dibagian belakang rumah. Sehingga pada malam hari kita tidak perlu ke dapur utama bila sekedar untuk menyajikan makan malam atau membuat minuman teh untuk keluarga.

Saya tidak tahu apakah ini berhasil atau tidak, setidaknya konsep dinamis pada alur denah (sirkulasi jalan orang) coba saya tanamkan pada denah ini. Ini terlihat pada komposisi ruangan yang saya buat zig zag. Harapan saya, rumah ini tidak monoton, tidak membosankan dan nyaman untuk beraktifitas. Kita sering mengabaikan adanya kebutuhan ruang berupa sirkulasi jalan pada denah kita, sehingga begitu ditempati aktifitas di rumah terasa tidak nyaman.

Di denah bagian depan, sengaja saya tempatkan dua  pintu akses , dimana salah pintu berfungsi sebagai pintu service, misalnya untuk jalan membawa barang  belanjaan  langsung menuju dapur dan tidak perlu melewati ruang tamu (apalagi pas ada tamu :) ), atau mungkin dipakai untuk akses mengeluarkan sampah dari dalam rumah.

Semoga desain saya ini kali bermanfaat dan memberi inspirasi bagi kita semua.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

You may also like...