Rumah Tinggal & Kost dengan Privasi buat Mbak Rita

Mbak Rita, maaf bila permintaan desain  mbak Rita mengenai Rumah Tinggal dan Kost baru saya bisa layani saat ini mengingat kepadatan jadwal saya di dunia offline dan koneksi internet saya yang tidak begitu bagus.

Bisnis rumah kost memang masih menjadi tawaran yang menarik, dengan kavling 6x20m2 yang dimiliki mbak Rita tentunya tahapan desain menjadi menarik bagi saya, karena kavling ini tidak terlalu lebar.

Saya tidak menangkap keinginan mbak Rita mengenai jumlah kamar kost yang diharapkan. Umumnya para pemilik kost membuat sebanyak-banyaknya untuk kamar kost dengan harapan adanya keuntungan besar di situ. Sehingga saya sarankan jumlah kamar adalah 3 atau 4 kamar saja, dengan pertimbangan jumlah ruang ini masih memberikan sirkulasi cahaya dan udara yang baik di rumah ini.

Denah Rumah Kost Mbak Rita

Denah Rumah Kost Mbak Rita

Perletakan tangga saya letakan di depan dan menjadi satu ruangan dengan ruang tamu namun tetap memiliki area sendiri dalam arti fungsinya tidak terganggu dengan adanya tangga ke arah ruang kost. Dengan perletakan semacam ini diharapkan privasi pemilik tetap terjaga, sehingga aktifitas atau kegiatan lalu lalangnya anak kost tidak mengusik sang pemilik rumah. Saya merekomendasi perletakan tangga tetap di dalam rumah bila  memang ada opsi/pilihan bahwa tangga bisa diletakan di luar bangunan, hal ini semata-mata demi pertimbangan keamanan saja

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan lahan parkir bagi anak kost, hal ini akan menjadi nilai plus bagi sebuah rumah kost.Oleh karena itu, lahan parkir sepeda motor saya letakan di depan, otomatis demi keamanan kita perlu memikirkan lagi bagaimana pagar kita nanti dibuat.

Semua saya desain dengan konsep rumah tumbuh, bahkan manakala kita sudah tidak memerlukan bisnis rumah kost lagi, rumah ini masih menawarkan komposisi ruangan yang layak dipertimbangkan sebagai rumah tinggal. Semoga mbak Rita berkenan dengan desain ini. :).

Related Posts :


ali hanafiah says:

salam kenal mas agus.boleh donk bantu sy konsepin rumah tinggal beserta rumah kost, karna rumah tinggal sy dekat dengan areal kampus. dgn luas tanah 11x15m2.rumah asal sy type 36 dgn 1 ruang tamu, 2 kmr tdr dan dapur+wc.atas bantuan mas agus sy ucapkan terima kasih.

TUTI says:

Mohon penjabaran rumah tinggal Tipe Vira dilahan 6x15m

Irwan says:

Assalamu’alaikum mas agus, saya ingin merenovasi rumah tinggal saya, ukuran rumah 8×11 dengan kamar tidur ada 4, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur dan grasi mobil. model rumah tinggal saya atap rendah yang ingin saya renovasi tinggi rumah, bentuknya minimalis dengan kocek yang pas2an, ditambah ruang kerja dan ruang sholat, kira2 berapa anggaran biayanya mas ? dan boleh dong dikirimi layout/sketsa gambar minimalis dengan harga yang minimalis pula. Thanks mas infonya Wassalam.

gunung says:

Mas Agus yang baik,,

Designnya benar benar bagus, dech, saya mo minta bantuan ,
saya punya tanah 10 X 11 , saya mo bikin wisma kos, kira kira design yang paling efisien tapi tetap menarik gimana ya mas,, satu lagi mas kira kira berapa biayanya.. rencananya sesudah lebaran saya mo mulai ,,tolong ya mas agus yang baik…

salam,
gunung

nuki sri ramdhini says:

alo mas..wah desainnya keren2…
saya jd tertarik…
saya punya tanah dgn panjang sisi yg berbeda..
panjang belakang 16 m, depan 17 m, kanan 16,8 m , kiri 16,45 m ( dilihat dr arah depan tanah)…rencananya ingin dibuat rumah 1 lantai dan kosn (2 kamar,terpisah dr rumah utama namun ada pintu akses dr rumah utama ke kosn dan terdapat k mandi, t.jemur sndiri)

rumah utama :
Ruang tamu ;ruang kluarga; ruang makan ; mushola; dapur (pakai pintu)

1 kamar utama+k.mandi didlm ; 3 kamar anak; 1 k.mandi kluarga ; 1 kamar tidur pembantu ; 1 k mandi pembantu; tempat cuci; t. jemur ; garasi; teras dpn garasi bs cukup 1 mobil; gudang

tp biaya sangat terbatas..jd pengen bikin rumah bertahap (tahap awal 90 m2) namun pembangunan tahap selanjutnya tidak membongkar yg sudah ada.
tahap awal inginnya terdiri dari r tamu, r. klwrga, r. makan, dapur, kmar utama+k. mandi, 2 kamar tidur anak, k.mandi klwrga, k.pembantu, k.mandi pmbatu, tmpat cuci, tmpt jemur, garasi, kl cukup dgn mushola
bagian lainnya dibangun pd tahap akhir.

model rumah simpel dan saya senang dgn batu2 alam pd dinding luar.

mohon petunjuknya…kl bisa desain dan denah rumah tahap awal pembangunan dan tahap selanjutnya bs dipisah…

trimakasih sebelumnya..
(desain dikirim lwt email saja)

aguscwid says:

Coba deh saya buat sketsanya. Thanks telah berkunjung ke aguscwid.com