Rumah Sederhana Tipe 55 m2 di Kavling Kurang Menguntungkan

Kali ini saya mencoba desain denah rumah yang posisi kavlingnya tidak terlalu menguntungkan yaitu dibelakang bangunan yang sudah ada namun terdapat akses menyamping semacam gang. siterumahsideentarance

Begitu melihat site bangunan di samping, mungkin anda berpikir  loh tampak depannya bagaimana? Siapa yang akan melihat keindahan tampak rumah kita? Walaupun demikian, bukan berarti menghalangi kita untuk membuat denah rumah yang nyaman bukan?

Rumah ini bertipe 55 m2 berdiri atas kavling ukuran 10×11 m2 dan kebetulan saya mencoba membuat tampak rumah menghadap ke arah timur walaupun mungkin saja kita menghadapkan rumah ke arah selatan , menghadap ke jalan utama. Selain mengharapkan limpahan sinar matahari di pagi hari, komposisi ini mampu memenuhi kebutuhan ruang parkir mobil penghuninya. Akhirnya ruang tamu pun saya desain dengan konsep terbuka agar tidak menghalangi sinar matahari yang masuk ke kamar tidur anak di sisi utara.

Rencana Denah Tipe 55 m2

Pertanyaannya, kalau ada bangunan tingkat di sisi timur bagaimana? Wah tidak ada sinar matahari yang masuk, dong. Ini memang pertanyaan sulit, oleh karena itu rumah ini menggunakan konsep rumah tumbuh, agar suatu hari nanti peningkatan bangunan ke arah vertikal diharapkan dapat menjawab pertanyaan tadi di atas.

Kamar tidur bisa terpenuhi sampai 3 kamar tidur, satu KM/WC, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Saya tidak meletakan KM/WC di sisi selatan karena pasti ruangan keluarga menjadi lembab. Untuk kebutuhan ruang gerak di ruang keluarga, sengaja pintu kamar tidur utama dan kamar tidur anak berhadapan, namun jika tidak senang dengan konsep ini pintu bisa diletakan masing-masing menghadap utara.

Kita tidak perlu berkecil hati untuk dapat menghasilkan sebuah desain rumah idaman di kavling yang tidak menguntungkan seperti ini, pasti ada solusi yang nyaman buat kita. Semoga bermanfaatrumahsideentrance1

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

You may also like...