Ruko Tipe Ramadhan di Lahan 4×16,5 m2

2 Comments
Tags: ,
Posted 21 Aug 2009 in Review Desain

ruko-ModelMomen ibadah puasa di bulan Ramadhan memang sangat berkesan dan luar biasa,  kita wajib bersyukur  karena Allah SWT masih mempertemukan kita dengan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan ini. Jadi maafkan saya, bila dalam desain Rumah & Toko ini saya namakan TIPE RAMADHAN. Memang tidak ada kaitan secara teknis antara nama dengan desain ini, saya hanya ingin mengingat kapan saya mendesain.  :)

Pekerjaan desain RUKO atau RUKAN (rumah kantor) bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit (menurut saya), karena organisasi ruangnya tidaklah serumit dan sekompleks rumah tinggal. Kita hanya harus mempertimbangkan adanya ruang toko, KM/Wc, dapur bila dimungkinkan dan akses tangga apabila direncanakan dua lantai.

TampakRUKO tipe ramadhanDesain RUKO atau RUKAN kali ini  memiliki lebar4 dan panjang 16,5 m2. Sepengetahuan saya, lebar RUKO atau RUKAN yang umumnya digunakan adalah 4 s/d 6 meter. Menurut hemat saya range lebar ini, memiliki keunggulan dalam hal  biaya konstruksi yang relatif murah, terutama bila menggunakan beton bertulang karena secara logika semakin lebar RUKO kita maka balok-balok lantai akan semakin besar dimensinya,  pastilah harga lebih mahal. Oleh karena itu, bila anda bermaksud berbisnis dengan menjadi developer RUKO atau RUKAN anda harus mempertimbangkan hal-hal semacam ini.

Semoga desain ini bermanfaat dan menjadi inpirasi kita.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Jauhari says:

Keren abis desaine….

Agus Siswoyo says:

Mau comment apa ya…?
nggak tahu ilmu arsitektur babar blasss…
he..he..he…

Tapi asyik juga kalau menata rumah dengan design yang kita impikan selama ini,,,