Desain Denah Rumah tipe 130 m2 buat Mas Rio

Terima kasih atas kunjungan ke blog saya http://g1terasrumah.blogspot.com/.Seperti yang mas Rio minta desain denah di atas lahan 15×13 m2. Lahan ini lumayan luas untuk membuat desain denah rumah yang ideal. Rupanya mas Rio mengharapkan rumah satu lantai dengan kebutuhan 4 kamar tidur dan 2 Km/Wc. Menurut hemat saya lahan yang demikian sebaiknya di desain untuk 3 kamar tidur karena kita juga harus berhitung dengan kebutuhan area service dan ruang terbuka untuk sirkulasi udara dan cahaya.  

Denah Rumah Mas Rio

Ke-4 kamar tidur semuanya memiliki jendela yang diperlukan untuk sirkulasi udara dan cahaya. Hanya kamar tidur utama mungkin yang kurang beruntung dalam sirkulasi cahaya, namun untuk mengakali limpahan sinar matahari di area belakang sangat disarankan konstruksi penutup atap dapur dan Km/Wc belakang tidak terlalu tinggi (bisa menggunakan beton bertulang, sekaligus jadi tempat jemur), sehingga sudut cahaya matahari tetap bisa masuk ke kamar tidur utama.

Ruang keluarga dan ruang makan diletakan dalam satu area. Di area ini sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan letak kusen pintu untuk tidak menyulitkan kita nantinya dalam perletakan furniture, selain itu juga harus memperhatikan kemudahan akses penghuni.

Sayangnya informasi mengenai arah mata angin lahan dari mas Rio, tidak ada. Informasi ini relatif membantu untuk menguatkan desain denah, semisal bagaimana kita akan meletakkan dapur di rumah.

Semoga mas Rio berkenan dengan desain ini

Related Posts :

You may also like...