Desain Denah Rumah tipe 130 m2 buat Mas Rio

Terima kasih atas kunjungan ke blog saya http://g1terasrumah.blogspot.com/.Seperti yang mas Rio minta desain denah di atas lahan 15×13 m2. Lahan ini lumayan luas untuk membuat desain denah rumah yang ideal. Rupanya mas Rio mengharapkan rumah satu lantai dengan kebutuhan 4 kamar tidur dan 2 Km/Wc. Menurut hemat saya lahan yang demikian sebaiknya di desain untuk 3 kamar tidur karena kita juga harus berhitung dengan kebutuhan area service dan ruang terbuka untuk sirkulasi udara dan cahaya.  

Denah Rumah Mas Rio

Ke-4 kamar tidur semuanya memiliki jendela yang diperlukan untuk sirkulasi udara dan cahaya. Hanya kamar tidur utama mungkin yang kurang beruntung dalam sirkulasi cahaya, namun untuk mengakali limpahan sinar matahari di area belakang sangat disarankan konstruksi penutup atap dapur dan Km/Wc belakang tidak terlalu tinggi (bisa menggunakan beton bertulang, sekaligus jadi tempat jemur), sehingga sudut cahaya matahari tetap bisa masuk ke kamar tidur utama.

Ruang keluarga dan ruang makan diletakan dalam satu area. Di area ini sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan letak kusen pintu untuk tidak menyulitkan kita nantinya dalam perletakan furniture, selain itu juga harus memperhatikan kemudahan akses penghuni.

Sayangnya informasi mengenai arah mata angin lahan dari mas Rio, tidak ada. Informasi ini relatif membantu untuk menguatkan desain denah, semisal bagaimana kita akan meletakkan dapur di rumah.

Semoga mas Rio berkenan dengan desain ini

Related Posts :


arief rahman says:

mas bos tolong buatkan saya denah ukuran 11 x 13 m…..1 kmr utama +wc , 2 kmr anak, 1kmr pembantu,ruang tamu,ruang keluarga,ada taman di dalam rumah, dapur….tks ya mas…..

azka says:

salam kenal… pak / bu saya minta tolong designin tanah saya muka 10m2 panjang 13m2.. 1lantai dan 2 lntai.. dengan kamar tidur 4 kamar mandi2 atau 3 dengan teras halaman dan kebun ada… gimana yah bu / pak… terima kasih yah seblumnya

azka says:

tes

Zulkifli says:

Selamat ketemu Mas Agus,

Tolong bantuan nya mas Agus, saya ingin membangun rumah di atas lahan ukuran 16 x 27 M, tanah mengadap ke Utara di depan tanah rumah sekolah SMK (bangunan gedung bertingkat). Saya menginginkan :

– 3 Kamar tidur + kamar tidur pembantu.
– 2 Kamar mandi (1 km/wc di kamar tidur utama)
– Tempat cuci dengan jemuran kain + km/wc
– Ruang Tamu
– Ruang keluarga
– Ruang makan
– Garasi
– Teras depan
– Gudang
– Dapur
– Sebelah kanan rumah dirancang untuk taman & akses pintu lebar ke
taman agar udara leluasa masuk kedalam rumah.
– Dibelakang rumah dirancang buat jemuran

Diharapkan rumah agak tinggi berhubung di depan bangunan tinggi dan tahan gempa.

Terima kasih Mas Agus ditunggu jawabannya.

boby eko nurcahya says:

selamat berjumpa mas agus
saya sangat tertarik dengan denah rumah mas rio
mohon bantuannya ,saya berencana membangun rumah dengan luas tanah 18 x 38 m. Saya berencana membangun rumah dengan ukuran 14 x 16 m. Dengan spesifikasi sebagai berikut Ruang tamu2. Kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam (tidak usah terlalu besar) 3Kamar tidur anak ( 2 kamar tersedia kamar mandi ) Ruang keluarga, Ruang makan + dapur. Kamar mandi. Taman+teras belakang+teras depan. Tempat mencuci+jemur. Mushola kecil. Gudang. Garasi mobil Mohon bantuannya dan penataannya. atas bantuannya saya mengucapkan terimakasih.

clara says:

Slamat sore mas Agus, sy mau bangun rumah tinggal,bantuin sy ya mas buatkan denah rumah ,sy bingung krn ukuran tanah nya lebar depan 23, lebar belakang 18 dan panjang 15, sy butuhkan
– 3 kmr tidur
– 2 kmr mandi(1 didalam kmr utama),
– ruang tamu,
– ruang keluarga,
– ruang makan,
– ruang nyuci dengan jemuran kain
– garasi
– teras depan
– gudang
tanah menghadap ketimur, terimakasih banyak mas Agus

Angga Sirait says:

cocok dengan tanah ku

jeane says:

met sore mas agus sy jeane dari sorong-papua, sy punya lahan dengan ukuran 15×20 m dan letaknya dipojok jalan , sy ingin membuat satu rumah tinggal ukuran 8-9 x 16 dan 1 rumah petak,dengan dinding yang terpisah disampingnya. rumah tinggal terdiri dari ruang tamu, kamar tamu , kamar tidur + 1 kamar tidur utama dgn kamar mandi di dalam, ruang keluarga , ruang makan, dapur, wc/km , dan ruang loundry. taman didepan dan belakang, carport.
rumah petak terdiri : taman depan, ruang tamu, 2 kamar tidur, wc/km, ruang keluarga/makan, dapur, ruang cuci, taman belakang.
bisa tolong dibuatkan desain denahnya mas dan kalau boleh dibuatkan besaran biayannya . makasih atas bantuannya, GBU

MAS, DESAINNYA JANGAN MINIMALIS TERSU
SEKALI KALI USUNG DESAIN ETNIK ATAU RUSTIC

Naila Aja Ya says:

jadi pengen renovasi rumah deh…

desain yang sangat penuh inspirasi.

Lho katanya Arsitek kok masih tanya… Brow…

mas henang…sering ki mas….aq mumet jek ngerjakne garapan omah mas,,,butuh dana 500jt,sampen kok ra nransfer2 aq to…..hahahahaha…..

q pgen rumh tga kmr tdur n ada taman y n kyk y ni krg cocok

Eva Sby says:

mas agus kira2 habis berapa y untuk bangunan rumah dengan luas 9 x 12 meter. dengan ruangan yg terdiri : kamar tidur utama + kamar mandi dalam, kamar tamu, kamar mandi tamu, ruang tamu, ruang keluarga+ruang makan, dapur, kamar pembantu, gudang, tempat cuci baju, kamar mandi pembantu, taman belakang, carport. salam kenal n trims y mas agus.

Nice desain

tetep rung sreg nek ga ono kolame,..

Firdaus Agung W ya sik to mz…
alon alon klakon

Ahmad catur says:

Assalamualaikum. Mas kami berencana membangun rumah di tanah yg luas nya 30×20 m2. Kami ingin punya 4kt, 2km, Rk, RM, Gudang, garasi, tmpt solat, dpr kering, dpr basah. Terimakash mas ditunggu jwban nya.

Andriani says:

Tolong dibuatin sketsa bangunan rumah dengan luas tanah 15×25 m dan luas bangunan 13×20 meter, dengan kebutuhan ruang : ruang tamu, ruang keluarga yang lapang, 4 kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang jemur, teras samping atau belakang plus taman yang luas. tampak depan minimalis tropis, maksih.

mampir, baca-baca ttg konsutasi bangun rumah…. kalo merancang pakai pertimbangan honsui nggak mas? thanks
.-= Jeng Ida: Naga Putih´s last blog ..Mau Kipas Cantik =-.

aguscwid says:

Thanks udah mampir ke rumah saya, jeng ida . Kalo hongsui sih kadang pake kadang tidak tergantung permintaan dan kondisi lahan.

faizal says:

mas boleh konsultasi!!! bagaimana merencanakan bangunan dengan luas tanah yang gak beraturan..dibelakang 8m, samping kiri 18 depan 14..saya pengen 2 lantai 4 kamar 2 lantai 1 dan 2 lantai 2..dan ada taman-taman kecil, serta kolam kecil yang cukup 2 orang, teras ada 2, belakang ma depan… mohon bantuannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

AGUSCWID says:

Suatu kehormatan mas Dodi berkunjung & Thanks.Baik Mas Dodi, Saya akan segera merespon comment mas Dodi dalam bentuk gambar. Maaf beberpa waktu lalu..saya belum juga bisa membalas permintaan sahabat sekalian termasuk mas Dodi,dikarenakan koneksi internet saya yang tidak kunjung membaik, maklumlah di areal Batu Malang sinyalnya kurang menguntungkan untuk beberapa provider. kebetulan kali ini ada provider baru yang sangat membantu saya.Mohon mas Dodi bersabar.Thanks

dody tea says:

Mas boleh konsultasi??Bagaimana menambah ruangan di lahan yg melebar 10m (ke belakang) x 12m (ke samping)existing :- rumah type 27 di hook.- 1 kamar utama 3 x 3 & 1 kamar 2 x 3 (belakang)- tanah standar : 10×6 ; tanah lebih 10 x6 ; jd luas tanah : 10 x12- dinding ruang tamu menempel ke dinding tetangga hanya terpisah 1 bata merah saja.- jarak bangunan dari depan 3,2 m- jarak bangunan dari belakang ke kamar belakang : 2 m , – jarak bangunan dari belakang ke kamar mandi : 2,5m.Rencana :- menghilangkan kamar belakang (yang 2×2)- menambah 2 kamar, dan memperbesar kamar utama (jadi ada 3 kamar).- ada ruang yg cukup lega (gabungan ruang tamu dan kamar yg dihilangkan)- ruang tamu existing boleh berubah fungsi (ruang tamu jd di tempat lain)sebelumnya saya ucapkan terima kasih