Rumah Toko,Rumah Kantor vs Rumah Tinggal

bisnisonline-tampakrukoMaraknya pembangunan rumah toko (ruko) maupun rumah kantor (rukan) di berbagai kota di indonesia memang merupakan dampak dari pembangunan di indonesia yang  sedang berkembang dan sulit di hindari. Khabar baiknya ini merupakan napas dari perkembangan bisnis properti di Indonesia. Tidak heran hobi membangun ruko dan rukan menjadi budaya latah di kalangan pengusaha properti indonesia dan memang merupakan investasi bisnis yang menguntungkan. Namun hal ini berimbas pada membludaknya  jumlah ruko dan rukan di tiap kota, dan menjadi tidak seimbang dengan kebutuhan  pengusaha terhadap jenis bangunan ini.

Berdirinya rukan dan kantor sesungguhnya  menjawab meningkatnya kebutuhan papan (baca kantor atau toko)  dalam bisnis di indonesia. Berkembangnya Rukan dan Ruko mengindikasikan semakin sulitnya pebisnis mendapatkan tempat untuk berbisnis di kota-kota besar, sehingga bagi dunia properti menjawabnya sebagai celah bisnis untuk membangunan ruko atau rukan.

bisnisonline-denahrukoSecara umum organisasi rumah toko dan rumah kantor sangatlah sederhana, yaitu terdiri dua fungsi yaitu dari  tempat usaha dan rumah tinggal. Biasanya fungsi rumah tinggal diletakan di lantai dua jika direncanakan tingkat, namun umumya semuanya digunakan untuk fungsi usaha. Dimensinya berkisar pada lebar 3 sd/ 5 meter dengan panjang kavling yang bervariasi.

Sesuai dengan namanya, maka ruko dan rukan memang memiliki keuntungan fungsi hunian rumah dan tempat usaha.  Kita bisa menempati nya sebagai rumah tinggal sekaligus untuk menjalankan kegiatan usaha. Karenanya terkadang opsi berinvestasi  rukan dan ruko menjadi sangat diminati daripada investasi rumah tinggal.

Secara pribadi, saya berpendapat adalah kurang sehat dan nyaman apabila kita menempati rumah dengan fungsi bisnis  dan rumah tinggal. Namun bila dilihat dari sisi bisnis dan peluang usaha mungkin ini menjadi pilhan yang sulit dihindari. Kira-kira anda termasuk yang mana?

Semoga sharing ini bermanfaat.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

You may also like...