Rumah Toko,Rumah Kantor vs Rumah Tinggal

9 Comments
Tags: ,
Posted 07 Jun 2009 in Artikel, Review Desain

bisnisonline-tampakrukoMaraknya pembangunan rumah toko (ruko) maupun rumah kantor (rukan) di berbagai kota di indonesia memang merupakan dampak dari pembangunan di indonesia yang  sedang berkembang dan sulit di hindari. Khabar baiknya ini merupakan napas dari perkembangan bisnis properti di Indonesia. Tidak heran hobi membangun ruko dan rukan menjadi budaya latah di kalangan pengusaha properti indonesia dan memang merupakan investasi bisnis yang menguntungkan. Namun hal ini berimbas pada membludaknya  jumlah ruko dan rukan di tiap kota, dan menjadi tidak seimbang dengan kebutuhan  pengusaha terhadap jenis bangunan ini.

Berdirinya rukan dan kantor sesungguhnya  menjawab meningkatnya kebutuhan papan (baca kantor atau toko)  dalam bisnis di indonesia. Berkembangnya Rukan dan Ruko mengindikasikan semakin sulitnya pebisnis mendapatkan tempat untuk berbisnis di kota-kota besar, sehingga bagi dunia properti menjawabnya sebagai celah bisnis untuk membangunan ruko atau rukan.

bisnisonline-denahrukoSecara umum organisasi rumah toko dan rumah kantor sangatlah sederhana, yaitu terdiri dua fungsi yaitu dari  tempat usaha dan rumah tinggal. Biasanya fungsi rumah tinggal diletakan di lantai dua jika direncanakan tingkat, namun umumya semuanya digunakan untuk fungsi usaha. Dimensinya berkisar pada lebar 3 sd/ 5 meter dengan panjang kavling yang bervariasi.

Sesuai dengan namanya, maka ruko dan rukan memang memiliki keuntungan fungsi hunian rumah dan tempat usaha.  Kita bisa menempati nya sebagai rumah tinggal sekaligus untuk menjalankan kegiatan usaha. Karenanya terkadang opsi berinvestasi  rukan dan ruko menjadi sangat diminati daripada investasi rumah tinggal.

Secara pribadi, saya berpendapat adalah kurang sehat dan nyaman apabila kita menempati rumah dengan fungsi bisnis  dan rumah tinggal. Namun bila dilihat dari sisi bisnis dan peluang usaha mungkin ini menjadi pilhan yang sulit dihindari. Kira-kira anda termasuk yang mana?

Semoga sharing ini bermanfaat.

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Mahmud Yunus says:

Saya bermaksud membangun Ruko dengan struktur tanah yang ga rata, yang rata jaalan hanya 8 x 10 meteran, sisanya sekitar 12x 10 turun kebawah sekitar 2,5 meteran. saya ingin tanah yang bawah ga di urug tapi dijadikan lantai satu dan lantai dua akan rata dengan jalan dengan maksud lantai dua buat toko kalau mungkin dengan lantai 3 dan latai satu di bawah untuk tempat tinggal dengan pola hanya dipakai untuk ukuran 7×8 dengan pola meped ke sebelah kanan sebab disebalah kirinya kami buat kolan ukuran 1,5 x 3 m, bagaimana bila kami menginginkan gambar desain ruko tersebut, dan bagaimana aturannya ?

aguscwid says:

Apa yang bisa saya bantu?

aguscwid says:

Kirim data2nya ke email saya:aguscwid@gmail.com

Andi Iqbalsyah says:

BAGUS………… NEE

Fikar says:

Wah, selain seorang pebisnis di internet ternyata mas Agus seorang home designer juga ya. Salute buat mas Agus. Thanks udah mau tukeran link di blogrollnya.

Acha says:

Salah satu Mimpi saya adalah memiliki properti semacam rukan, ruko di kawasan yg strategis namun tdk begitu jauh dgn tmpt tinggalku saat ini.

papadanmama says:

saya sependapat dg david di atas, utk saat skrg ini sptnya pilihan ruko/rukan emang lbh tepat bila kita py usaha sendiri mengingat hrg tanah yg mahal, dg memilih ruko/rukan, berarti kita menghemat cost yg harus dikeluarkan utk investasi t4 usaha, menghemat by transport utk ke t4 kerja krn t4 kerja dan rmh hanya beda lantai, tp bila berorientasi pd kesehatan mmg tinggal di rmh tinggal lbh sehat ketimbang tinggal di ruko krn lokasi ruko yg umumnya di pinggir jalan tdk sebersih lingkungan di kompleks perumahan.
salam, thx atas kunjungan & komentar anda di blog saya :D

David says:

kalau menurut saya model ruko/rukan saat ini memang menjadi alternatif yang paling memungkinkan mengingat harga tanah yang kian melambung. Namun menanggapi tentang sehat/tidaknya saya lebih suka ruko/rukan yang masih ada sisa tanah dibelakang sehingga bisa dipakai untuk taman untuk menyegarka udara atau tempat santai untuk mengurangi kejenuhan karena lokasi yg terbatas. sehingga sekalipu kecil tetapada pandangan yang menyejukkan.