Rumah Tinggal dan Rumah Kost di Lahan 12×27 m2

rmhtinngal&kost-Model-tampakDitengah maraknya kontes SEO joko susilo, saya coba membuat sketsa mengenai sebuah rumah tinggal dan kost. Saya pikir membangun dan berinvestasi rumah tinggal yang didalamnya terdapat fungsi rumah kost akan tetap menjadi opsi bisnis yang menarik, terutama bila kita menetap di daerah yang dekat dengan kampus.

Saya desain di atas lahan berukuran 12×27 m2.  Zona hunian kost dengan jumlah 6 kamar berukuran 3×2.93 m2, saya rencanakan di belakang rumah utama tidak  seperti pada desain saya sebelumnya.  Rumah utama merupakan fungsi hunian rumah tinggal dua lantai yang hanya memiliki satu kamar utama+km/wc di lantai satu,dapur, ruang keluarga, ruang tamu, garasi,gudang, ruang cuci dan lain-lain  di lantai satu,  Sedangkan dua kamar tidur berukuran anak dan ruang duduk (r.televisi) diletakan  di lantai dua. Rumah tinggal & kost ini memang direncanakan dengan model zona terpisah untuk tetap memberikan privasi bagi pemilik kost maupun penyewa kost.

Masalah utama dari rumah kost yang dijadikan satu tempat dengan rumah tinggal adalah kurangnya privasi dari sang pemilik, karena umumnya hunian kost direncanakan dalam satu bangunan.  Desain rumah ini menjawab permasalahan tersebut, walaupun tidak sepenuhnya. Pemilik tetap dapat menjalankan kegiatan hunian rumah tinggal sebagaimana mestinya tanpa terganggu  kegiatan penyewa kost, begitu pula sebaliknya.

Kebutuhan akan parkir kendaraan motor roda dua penyewa kost dijawab dengan tersedianya halaman yang cukup di depan hunian kost, sayangnya saya belum bisa merencanakan rumah kost dengan penyewa kost yang memiliki kendaraan mobil.

Konsep Denah Rumah Tinggal & Kost

Saya rasa rumah ini cocok untuk pemilik rumah yang memiliki visi bisnis rumah kost namun tetap mendapatkan kenyamanan dalam rumah tinggalnya. Semoga bermanfaat

aguscwid

Hai, saya Agus Cahyono. Full Time Blogger, House Designer & Sketchup Artist. "Tetaplah Bersahaja&Kreatif"™

More Posts - Website - Twitter - Facebook

Related Posts :


Leonel Rexagnar says:

Salam Kenal pak Agus.

Saya memiliki sebidang tanah split level belakang lebih rendah uk Lebar 15M X Dalam 20M.
Saat ini saya berencana untuk membangun sebuah rumah dengan 4 Kamar Tidur dan 2 Kamar Pembantu. Kira-kira berapa ukuran Luas rumah yang proposional. Bisa dibantu untuk ide-idenya gak pak?

Terima Kasih sebelumnya.

tiyangatmojo says:

Sippp lah, suatu saat jika saya mau bikin rumah saya akan tanya ke Anda..

Robert says:

Yth.
Mas, sy punya ruko berlantai 3, diblkang ada tanah 10×13 m, rencana tnh kosong ini mau dibangun rumah kost berlantai 3. Setiap kamar ada A/C, km mandi, tiap lantai ada dapur dan ruang jemur umum(bila dianggap perlu), mohon buatkan rencana dan design. Terima kasih.

Yudi says:

Yth,

Mas Agus, saya punya lahan 150 M2, ingin buta tempat kos dan rumah tinggal. sisi kiri tempat kos dan sisi kanan tempat tinggal. tempat kos 2 lantai 6 -8 kamar tidur Ruang cuci, 2 wc dan k. mandi, dan tempat tinggal 3 kamar tidur. terimakasih.

Antok Winner says:

keren gambarg + denanya tapi ada gak ya dena utk ukuran tanah 5 X 15 ( 2 lantai )..trims.

nice home…good idea.

ada yang komplit ma pondasi nya gx gan…
plese help me…

wib says:

Paks
Saya punya tanah 6×10 akan saya buat kost2 an dengan kamar mandi dalam, mohon info biaya dan design nya
wib

denah rumah kos bagus, tapi kurang mengena kamarkos kurang banyak rumah utama terlalu besar, jadi segi bisnis nya masih kurang mengena

Bagus sekali artikelnya sangat inspiratif, moga sukses dan menjadi suatu amalan yg sholeh ya, amien YRA.

wulan says:

salam kenal…mas

saya mau rehab rumah tinggal induk dan bag blkng rmh kost.
bisakah membuat kan desainnya.

aguscwid says:

Bisa aja,mbak wulan. cuman entar tak liat dulu kasusnya bisa ndak jadi bahan posting. coba deh kirim layout denah lamanya
:). Thanks yah

Lyta says:

Slamat siang n salam kenal…….
saya punya lahan luasan 150 m2 bentuk trapesium menyempit bagian belakang, kebetulan posisi hook. sya ingin membuat rumah dg konsep rumah tumbuh jd untuk sementara ingin saya bangun dg tipe 36 tapi saya ingin punya gambar denah rumah yang seutuhnya jd kadepan jika ingin dikembangkan tdk hrs membongkar yg udah ada.
klo mas punya ide buat rancangan rumah saya, saya sangat berterima kasih sekali……
saya ingin rumah yg bergaya minimalis, kamar tidur 3, mushalla terbuka klo bisa menghadap void, R.Tengah, r.tamu, KM, garasi dibelakang, karena posisi tanah di hook saya ingin rumah yg punya 2 teras.
trimakasih sebelumnya

ludfi says:

salam kenal ms Agus…………
saya berencana membangun sbuah rumah huni dan kost2an lahan 8X23 m dengan detail ada ruang kluarga, kamar tidur utama, kamar tidur anak, mushola, kamar mandi & Wc, taman, ruang jemuran, parkir sepeda motor, kira2 untuk kamar kostnya berapa kamar yang sesuai menurut anda?klo ada tambahan ato ide boleh juga d sarankan……..
saya tunggu balasannya,,,,, trims atas bantuannya……….
Gud luck n GBU…………

irwan says:

mas agus..saya berencana membangun sebuah rumah kost dilahan 13x40m…rumah kos ini rencananya mengincar market menegah ke atas.. kamar yg ingin kami buat adalah ukuran 3×5 dengan kamar mandi dalam..mohon saran dan bantuannya agar tidak terkendala dengan area parkir yg memungkinkan para penghuni dalam memarkir mobilnya

rafi says:

saya punya lahan dengan luas 9 x 10 m yang akan saya gunakan untuk membangun kost-kostan (utk anak sekolah SLTA), mohon desain/gambar bangunan yang cocok, kamar 4 buah (uk. 2,5 x 3 m), dapur 1 buah (uk. 1,5 x 2 m) … trims sebelumnya

frengky. ky says:

salam kenal mas. sy frengky dr NTT,(kupang )sy pingin buat kos kosan tp sy binggung modelnya seperti apa ? mohon mas bantu sy cari solusi yg bs membantu sy. sy punya tanah luas lahan L.30 M2.panjang 60m kebelakang, tapi sy mau ukuran kos 3 x 4 masing 2x ruangan kos ada kmr kecil, mandi ,WC jg dapur minimalis, jg model atap 1 bidang air ( satu jatuhan air )jumlah kamar kos 10 buah,jg bentuk kos L, sy mohon solusi dr mas. model kos minimalis.

You’re an extremely smart person!

noval says:

Salam kenal mas agus,
saya tertarik melihat design yang mas buat. bisa ga saya minta tolong buatin design rumah kost.

Saya memiliki lahan 20×24 lokasi tanahnya di persimpangan jalan. sy rencananya ingin buat kost2an modern minimalis 10-15 kmr.

detailnya seperti ini:
LT1 :
– dapur+T.cuci piring
– 2 wc
– 1 K.Mandi
– 3 s/d 5 K.Tidur
– R.Tamu
– R. Televisi
– garasi motor,
– taman mini (optional)

LT2 :
– 7 s/d 10 k.Tidur
– 1 k.Mandi
– balkon

seperti itu mas detilnya, mgkn kalo mas ada tmbhan ide bs di di masukkan jg,hehe..

makasi y mas bantuannya. moga sukses slalu buat mas agus :)

Salam Persahabatan Kawan….

http://www.arsitekrumahkita.web.id
DESAIN FACADE Rp. 1.500/M2
Anda bingung cari arsitek karena harganya mahal / desain fenomenal tapi sulit dikerjakan.
Lebih mengedepankan bentuk daripada fungsi ruang.Hanya mengutamakan desain tapi kurang dipertimbangkan proses pelaksanaannya.
Kami hadir dengan konsep berbeda.ARSITEK GAK HARUS MAHAL, BEKERJA UNTUK BERKARYA.MESKIPUN BIAYA MURAH TAPI KARYA KEPUASAN UTAMA.
Kami memberikan solusi paket desain murah mulai Rp. 1.500/M2 luas bangunan anda.

Kami akan selalu berusaha menghadirkan ide-ide terbaru untuk hunian anda agar tidak monoton / copy paste dari design orang lain.

Salam sukses dEsain gRiya
Info / Pemesanan :
i.desaingriya@gmail.com
http://www.arsitekrumahkita.web.id
081 331 666 786

ahmadk says:

pertama saya ucapkan selamat hari raya idul fitri,

Saya baru mengakusisi rumah sederhana berukuran 8×15 m2 dan saat ini saya yang ada hannya 1 kamar tidur ukuran 2.50 x 2.70m2,1 kamar mandi ukuran 1.50 x 1.00m2 dan 1 dapur dan rung tamu berukuran2.70 x 5 m2, dan saat ini saya mohon bantuan moderator Bpk/Ibu untuk mendesain rumah saya ukuran 120m2 itu dan saya berkeinginan :
a. 3 kamar tidur
b. 2 kamar mandi
c. Ruang sholat gudang, ruang keluarga, garage, masing masing 1
posisi rumah tersebut di belakang barat dan di depan timur Jadi saya mohon bantuan anda bagaigimana desain yang baik untuk saya, demikian disampaikan atas bantuannya moderator saya ucapkan terima kasih.
dan sebelah kiri rumah saya tersebut ada PAUD dan terapi autis dan saya mau ada acces jalan kesitu dari rumah saya, dan tak perlu harus keluar rumah demikian disampaikan terima kasih