Pengembangan Rumah Tipe 40m2 (Tipe Sungai)

Penjualan rumah dengan tipe dan luas tanah kecil telah menjadi hal yang biasa terjadi dalam perkembangan properti di indonesia. Semakin mahalnya ketersediaan lahan dan harga bahan bangunan yang terus meningkat serta rendahnya kemampuan konsumen menjangkau harga rumah, membuat para developer harus berpikir keras membuat luas tanah dan bangunan menjadi lebih kecil agar harganya terjangkau para konsumen.

Lahan dengan kategori lahan kecil umumnya memiliki luas di bawah 100 m2 atau dengan kisaran harga pembelian 50 s/d 70 juta (estimasi). Luasan tanah seperti ini lahan efektif yang bisa dibangun adalah sekitar 80% atau maksimal tipe 80 m2. Biasanya komposisi ruangannya teridiri dari r.tamu, 2 s/d 3 kamar tidur, 1 kamarmandi+toilet, dapur (kadang dapur tidak direncanakan), ruang keluarga yang dijadikan satu fungsi dengan ruang makan. Komposisi ini dipastikan sangat kurang bagi para pemilik dengan jumlah anggota keluarga lebih banyak. Oleh karena itu, renovasi dan pengembangan denah menjadi opsi yang tidak terelakkan seiring dengan kebutuhan ruangan dari si pemilik.

Saya ingin mengangkat tema pengembangan denah pada tipe 40 m2 yang secara umum tipe ini hanya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 Km+WC, dapur (optional, kadang tidak direncanakan), ruang tamu dan ruang keluarga/makan. Sebelum saya lanjutkan, saya perlu mengingatkan adalah penting bagi kita untuk merencanakan dan memilih rumah dengan konsep /model rumah tumbuh di awal pembelian rumah kita karena dengan begitu akan mengurangi cost pengembangan pada saatnya nanti. Desain pengembangan yang saya lakukan teridiri dari :

  • Kamar tidur depan pada denah asal digunakan sebagai area tangga utama (akses utama ke lantai dua), dan memindah kamar tersebut ke lantai dua.
  • Kamar mandi/WC di lantai dua untuk memenuhi kebutuhan penghuni di lantai dua.
  • Dapur tetap dipertahankan.
  • Tempat jemur yang diakses melalui tangga putar di belakang rumah yang diletakkan di samping tempat cuci.
  • Ukuran kamar tidur utama diperluas dengan membongkar tembok belakang dan memindah jendela menghadap ke arah tempat cuci, untuk mengurangi pengaruh lembab pada kamar ini dibuatkan bukaan berupa taman. Bukaan ini sekaligus berfungsi untuk sirkulasi udara
  • Perluasan dan perubahan fungsi teras menjadi ruang tamu terbuka, ini tidak harus didesain seperti ini karena ada yang tidak senang dengan konsep ini.
  • Ruang televisi yang biasanya menjadi bagian dari ruang keluarga menjadi kebutuhan wajib dan diletakan di lantai dua, sayangnya ruang keluarga pada denah asal harus rela menjadi ruang makan karena sebelumnya fungsi ini tidak ada karena kurangnya space.

Sesungguhnya banyak konsep yang bisa kita kembangkan dalam sebuah pengembangan rumah, yang penting pemilik mengetahui apa yang diperlukan atau ruangan apa yang nantinya dibutuhkan. Jadi tidak asal mengembangkan saja. Jika kita hendak membeli sebuah rumah cobalah untuk memilih konsep/rumah tumbuh dengan pertimbangan adanya renovasi di kemudian hari.

Semoga bermanfaat.

Related Posts :


setiyawan says:

mas, tolong dong aku dibuatkan desain rumah minimalis 1 lantai, luas tanah 17×15 m, menghadap utara, aku lihat desain untuk mas rio untuk ukuran 10×13 m itu bagus, tapi aku maunya kamar mandinya dibelakang semua, terus ada tempat cuci tersendiri, kalau bisa dapurnya dekat dengan garasi, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

wibowo says:

diseain abang mantap2.bang ada nga disain rumah minimalis betunknya L , denagn 5 kamar 1 ruang tamu di depan dan kolam renang di atas rumah.

sundari says:

dear mas agus..
salam kenal dr saya,
saya sedang bingung untuk membangun rumah di atas lahan bangunan 45m2 dengan ukuran 7×6,5m..saya minta tolong dibuatkan design rumah dengan Ruang tamu + teras, 1 Kamar tidur utama, kamar mandi, Ruang makan/Ruang keluarga, Dapur dg pintu samping, dan Tempat parkir mobil..mohon solusinya mas agus…terima kasih sebelumnya….

sundari says:

Dear mas agur,
salam kenal…
saya membeli tanah dengan lahan bangunan 45m2 dengan ukuran 7×6,5 m berbentuk kotak tanahnya…saya bingung untuk membangun rumah dg tanah sekecil itu..saya minta tolong dibuatkan contoh denahnya mas..saya ingin bikin Ruang tamu dan teras, 1 Kamar tidur utama,Ruang keluarga/ruang makan,1 kamar mandi + toilet, dapur, dan tempat parkir mobil..akhir bulan ini akan dibangun mas..jadi mohon solusinya..

Terima kasih sebelumnya

sundari

diah says:

wah desainnya bagus – bagus, mas… aku boleh minta tolong gak mau minta didesain rumah. Tahun ini aku berencana mau bangun rumah yang sederhana. aku berenacana punya kamar tidur utama dgn kmr madi didalam, 2 kamar tidur anak. luas tanah 12,5 x 16 meter tapi aku aingin sisahkan buat taman samping taman depan dan taman belakang.desainnya donk mas…
terima kasih sebelumnya

Sri Handayani says:

Dear mas Agus,

salam kenal dari aku,
aku ambil KPR tipe lb. 27 lt. 90 m2 (satu kamar)
cuma aku bingung mau tambah tempat cuci baju dan dapur.
karena klo standar developer(pasti pak agus tau yah.. ^,^) dapurnya cm cukup washtafel saja. kalau pak agus berkenan aku minta tolong dibuatkan design tempat cuci dan dapur sekalian dengan budget yang seminimal mungkin.. mohon jawabannya, terima kasih sebelumnya…

salam hangat
iie