Penutup Carport Rumahku

6 Comments
Tags: , ,
Posted 08 Apr 2009 in Artikel

Akhirnya selesai juga penutup carport rumahku. penutup atap carport ini berukuran 3 x 5 m2 mampu diselesaikan dalam kurun waktu 2 minggu 3 hari.


Saya memilih menggunakan material kayu daripada menggunakan besi, dengan pertimbangan anggaran yang saya punya. Harga di pasaran saat ini untuk sebuah pekerjaan penutup carport (awning) dari bahan besi (wilayah malang) adalah Rp. 300.000 s/d Rp. 500.000,- tergantung model dan pemilihan penutup atap. Kebetulan saya hanya menghabiskan Rp. 195.000 per m2 dengan menggunakan kayu jenis kembang (kayu jawa) dan material penutup atap dari bahan fiber yang relatif murah (no merk) yang saya beli hanya Rp. 25.000 per m’ . Kualitas bahan penutup ini sedikit mengecewakan karena selain tipis, bahan ini sangat rentan terhadap suhu, sehingga permukaannya mudah mengkerut dan mengencang.

Model? tidak ada yang istemewa dari desain awning ini. Saya hanya coba menyelaraskan dengan fasad rumah yang ada. Aksesoris kayu-kayu yang ditata secara horisontal sebetulnya mengikuti pasangan batu sisir yang sudah ada fasad rumah, sehingga ada kesinambungan tema rumah. Penutup atapnya saya cat berselang seling, dengan harapan adanya kesan bayangan gelap terang di siang hari. Ide ini lewat begitu saja dalam pikiran saya. Hasilnya? seperti yang saya harapkan. Syukurlah.


Warna ? saya sangat menyukai kombinasi warna hitam dan putih, yang menurut saya lebih mendekati dengan kesan natural (warna batu), kesan kuat dan kokoh. Namun anggapan ini bersifat subyek karena tiap orang berbeda menafsirkannya. Hanya komposisi warna yang tepat menghasilkan penafsiran yang kita harapkan. Bagaimana kita tahu itu tepat? anda jawab sendiri

Bagaimanapun secara umum, saya puas dengan hasil pekerjaan saya, baik desain dan anggaran yang saya rencanakan.Semoga pengalaman saya ini bermanfaat.

Related Posts :


Godian Tono says:

pas banget… hitam putih..

Hello there. Appreciate your site. I check it regularly to see the latest info.

Teena Tuzzio says:

Well I definitely enjoyed studying it. This subject offered by you is very constructive for accurate planning.

CAHYONO says:

Alhamdulillah.Kalo memang sampeyan suka.Boleh deh.tapi nanti tergantung fasad (tampak) rumahnya loh,mas. Yang pasti tak bantu.Don’t worry be happy.

Teguh Kuncoro says:

luar biasa idenya sobat.. kapan-kapan aku mau niru desain carport nya. nanti minta idenya yang lain sobat..